Lihat ke Halaman Asli

Andy wahyu Setiawan

Cari aku disini

Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Beri Edukasi Pentingnya Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi

Diperbarui: 27 Desember 2021   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar 1. kegiatam adaptasi teknologi/dokpri

Pembelajaran daring menjadi tantangan bagi dunia pendidikan dengan situasi Indonesia yang memiliki ribuan pulau. Bagaimana teknologi dapat digunakan, bagaimana penyediaan akses internet pada daerah-daerah terpencil dimana barang elektronik tanpa akses internet pun masih menjadi suatu kemewahan. Ini merupakan tantangan bagi semua pihak, saat ini kita harus bekerja keras bersama bagaimana membawa teknologi menjawab permasalahan nyata yang terjadi pada mahasiswa dan pelajar yang kurang beruntung dalam hal ekonomi maupun teknologi yang berada di daerah-daerah terpencil.

Atas kondisi tetsebut,maka melalui Direktorat  Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi menyusun Program  Kampus Mengajar Angkatan 2 (KM 2) yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam menyusul ketertinggalan siswa selama pandemi Covid-19 kurang lebih 2 tahun ini,meningkatkan literasi dan numerasi siswa, adaptasi teknologi di lingkungan sekolah dan lain-lain di Sekolah Dasar (SD) berbagai desa/ kota di seluruh Indonesia.

Pada bulan agustus tahun 2021 2.2000 Mahasiswa di seluruh Indonesia yang lolos seleksi kegiatan Program Kamus Mengajar Angkatan 2 mulai di serah terimakan di dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota diseluruh Indonesia.Kegiatan ini di awali dengan penerjunan ke SD dari dinas setempat, untuk kelompok yang mendapatkan tugas di SD Negeri 2 Mungseng langsung melakukan wawancara dan melihat tentang kondisi sekolah mulai dari kondisi siswa, adminitrasi, dan kondisi guru. 

Dalam wawancara yang telah dilakukan tersebut didapatkan bahwa siswa masih kurang menguasai dalam hal teknologi, begitupun guru yang masih kesulitan dalam melakukan kegiatan pembelajaran pada masa pandemi. Guru juga meminta mahasiswa Kampus Mengajar Angakatan 2 untuk menyiapkan siswa kelas 5 dalam kegiatan AKM (Asessment Kompetensi Minimum).

Maka dari itu kami melakukan diskusi tentang mengatasi permasalahan-permaslahan tersebut. Dan didapat keputusan atau Program Kerja yaitu: 1) mempersiapkan siswa kelas 5 untuk kegiatan AKM, 2) melakukan adaptasi teknologi dengan memperkenalkan/ mengajari tata cara menggunakan Google Form dan Quzizz, 3) membuat video pembelajaran tentang Globalisasi, dan yang ke 4) adaptasi teknologi bagi siswa kelas 4untuk kegiatan AKM yang akan di laksanakan pada kelas 5 nantinya. Kegiatan-kegiatan ini memang sangat penting bagi warga sekolah khususnya SD Negeri 2 Mungseng, dikarenakan Pendidikan di era digital/globalisasi ini dapat mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar siswa dan guru.

Pada kegiatan yang pertama kami selaku mahasiswa yang di tempatkan di SD Negeri 2 Mungseng melakukan proker persiapan AKM untuk kelas 5, yang diawali dengan membagi berapa kelompok untuk memudahkan dalam mengajari teknologi,  pengenalan AKM serta memberikan materi yang akan muncul pada soal-soal AKM. Sebelum melakukan pembagian kita sudah mengajari tentang bagaiman caranya menggunakan PC/laptop dengan baik,mengetik, browsing dll. Kegiatan persiapan AKM ini dilakukan dari bulan akir agustus sampai dengan 22 November 2021. Proker yang kami laksanakan ini berdampakbaik bagi siswa kelas 5 yang dulunya masih kurang dalam menguasai teknologi komputer sekarang sudah mahir mengoperasionalkanya.

Kegiatan program kerja yang kedua yaitu adaptasi teknologi untuk para guru dengan memperkenalkan Google form dan Quizizz sebagai alat bantu untuk mempermudah melakukan pekerjaan baik itu yang di pergunakan untuk siswa maupun guru. Proker yang kami laksanakan ini sangat bermanfaat bagi para guru yang kesulitan melakukan pekerjaan pada masa pandemi, seperti memberikan soal pilihan ganda maupun uraian, merekap data absensi siswa, pengumpulan file tugas siswa dll.

Proker yang ke 3 yaitu membuat video pembeajaran tentang Globalisasi, dengan dibuatnya video ini diharapkan siswa dengan mudah mengakses atau mencari materi tentang globalisasi,link video adalah sebagai berikut  https://youtu.be/1A0jLY_kxx8. Dan yang terakhir yaitu adaptasi teknologi untuk kelas 4, program kerja ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa kelas 4 dalam menghadapi kegiatan AKM yang nantinya akan dilakukan pada kelas 5 mendatang dan mengantisipasi supaya siswa tidak kaget tentang menjalankan/ mengperasionalkan komputer. Kegiatan inikami lakukan dengan mengajari tentang mengoperasionalkan komputer, pemgertian komputer, cara mengetik yang benar, browsing, dan simulasi AKM di website Ayo Coba AKM.

Dengan dilaksanakanya program tersebut, diharapkan nantinya siswa dan guru dapat terbantu dan memperkuat pengetahuan teknologi dalam Pendidikan khususnya di era globalisasi ini.

berikut ini vidio pembelajaran yangtelah di buat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline