Lihat ke Halaman Asli

Ahli Waris Kebudayaan Maritim Kelas

Diperbarui: 19 Mei 2016   14:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Nenek moyangku seorang pelaut

Gemar mengarung luas samudra

Menerjang ombak tiada takut

Menempuh badai sudah biasa

.....

Bait lagu masa kanak-kanak yang mengingatkan akan ketangguhan nenek moyang Bangsa Indonesia; bangsa inter-nusa, bangsa antar pulau, Bangsa Nusantara; bangsa yang dihadiahi Semesta dengan lautan luas, gugusan pulau-pulau berjajar elok dalam balutan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Sebuah kebanggaan yang menggetarkan hati ketika bait-bait lagu yang kini sudah jarang diperdengarkan lagi (mungkin dilupakan) mencoba mengawali gempita anak cucu Nusantara dalam berproses mencari jati diri. Jati diri yang karakteristiknya semakin dilunturkan atas dominasi bangsa-bangsa pandemen invasi; bangsa-bangsa yang menganggap penakhlukan-penakhlukan adalah bagian cara pembuktian eksistensi.

Berabad-abad lamanya bangsa ini akrab dengan budaya maritimnya dan dapat dikatakan sebagai mercusuar kebudayaan maritim dunia yang sangat bijaksana dalam memberikan pengakuan atas dirinya, sehingga pada dasarnya pengakuan diri atas bangsa lain hanyalah kesemuan. Kepercayaan diri bangsa yang seharusnya sampai saat ini tetap utuh sebagaimana karakteristik bangsa maritim yang mampu menampung semua aspek kebudayaan dari berbagai penjuru dimana secara alami memiliki filter dalam dirinya untuk mengolah bahkan mengawinkan input  yang didapat; tidak ditelan mentah-mentah; sehingga menghasilkan output organisme yang ramah lingkungan. 

Kebudayaan maritim yang sudah mendarah daging dalam diri Bangsa Indonesia memiliki sentuhan local wisdom yang mencakup tatanan religiusitas, astronomi, ekonomi dan pertanian dimana semuanya bersifat cyclical  saling berhubungan satu sama lain. Keseluruhannya merupakan riset ilmiah turun-temurun yang sebenarnya memiliki muatan universal, bagaimana tidak? dalam budaya tutur masyarakat Jawa dikenal istilah niteni, nirokne, nambahi. Niteni adalah proses pengamatan yang berlangsung lama dalam mengamati gejala-gejala atau kemungkinan-kemungkinan dalam sebuah peristiwa yang nantinya proses tersebut dapat dijadikan langkah antisipasi atas peristiwa yang berlangsung. Nirokne adalah upaya menirukan apa yang sudah diamati, disimpulkan atau dihasilkan sebelumnya; seolah olah generasi berikutnya secara otomatis berhak atas lisensi value yang sudah diterapkan moyangnya, sehingga eksistensi yang dicapai oleh masyarakat berbudaya maritim terdahulu adalah values atau nilai-nilai yang diturunkan kepada generasi berikutnya.

 Berbeda dengan kebudayaan kontinental yang dalam membuktikan sebuah keberadaan memerlukan bentuk fisik berupa wilayah kekuasaan dan sumber daya didalamnya. Sementara, nambahi merupakan proses belajar secara berkesinambungan; mengkaji hal yang sudah terumuskan sebelumnya namun tidak menutup kemungkinan terjadi modifikasi-modifikasi atas sesuatu hal yang sudah ditetapkan tanpa mengabaikan tatanan sosial yang sudah berjalan sehingga banyak tercipta akulturasi-akulturasi yang mencakup banyak aspek kehidupan. 

Melalui budaya gotong royong serta musyawarah dalam mengambil keputusan merupakan ciri masyarakat maritim yang komunal, saling melengkapi satu sama lain dan memliki konsep berbagi yang terbuka; tidak ada klaim individu atas sebuah karya kepada khalayak, melainkan pengakuan khalayak atas hasil karya yang mahsyur kepada pencetus baik secara personal atau kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan maritim memiliki kemerdekaan berpikir yang luas dan tidak membatasi perkembangan ilmu pengetahuan. Konteks tersebut akan menjadi sangat kontras ketika disejajarkan dengan konsep kebudayaan kontinental yang cenderung linier; bagaimana mungkin Copernicus lebih dari 30 tahun memilih mengunci rapat teori Heliocentrisnya, meski akhirnya diterbitkan dan baru diakui setelah 70 tahun sepeninggalannya lantaran regulasi pada waktu itu yang tergolong kaku. 

Pada kurun waktu tersebut orang-orang Eropa masih (sedang) berpikir dan berlomba membuktikan kebenaran teori tersebut berdasarkan parameter masing-masing, sepertihalnya Ferdinand Magelhaens, bangsawan Portugal yang tercatat sebagai pelaut Eropa yang pertama kali berlayar mengelilingi dunia. Sebuah catatan yang saat itu menginspirasi pelaut-pelaut Eropa lainnya untuk berlayar mencari daratan baru sehingga menimbulkan ekspansi besar-besaran yang nantinya berdampak pada colonialism dan merchantilism. Namun, jauh 200 tahun sebelumnya Gadjah Mada telah menyelesaikan ekspedisinya atas Amukti Palapa untuk mempersatukan Nusantara dengan cakupan yang lebih luas hingga Malagasi (Madagaskar), Perairan Tiongkok bahkan konon New Zealand termasuk ke dalam imperium Majapahit. Tidak heran jika pada sebuah catatan James Cook dalam ekspedisi ke pantai timur Benua Australia; di Arnhem Land para nelayan pencari teripang dari Makassar sudah berbaur dengan orang-orang Aborigin dengan perkampungannya yang disebut ‘Macassan’.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline