Lihat ke Halaman Asli

andry natawijaya

TERVERIFIKASI

apa yang kutulis tetap tertulis..

"Eatertainment", Konsep Lama yang Menarik di Era Modern

Diperbarui: 29 April 2018   20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: connect.media.com

Generasi millenial merupakan sebuah generasi penopang kehidupan masyarakat di masa depan, dan saat sejak saat ini pun eksistensi generasi millenial telah menunjukan tajinya. Generasi millenial merupakan angkatan yang lahir antara tahun 1980 hingga 2000. Dalam perspektif bisnis, generasi millenial merupakan segmen dan target pasar yang banyak dibidik pelaku usaha.

Hal itu dikarenakan generasi millenial merupakan angkatan muda dengan usia 20 -- 37 tahun. Sebuah angkatan yang termasuk dewasa muda dan memiliki selera tersendiri. Mereka sebagian mulai mandiri dan sebagian lagi sudah mapan secara penghasilan. Sehingga generasi millenial dapat dikatakan sebagai konsumen utama di era bisnis modern.

Namun sebagai konsumen di era modern, ternyata generasi millenial memiliki keunikan tersendiri.  Selera generasi millenial dapat dikatakan selalu menginginkan hal-hal yang mutakhir alias happening.

Dalam mengkonsumsi suatu produk atau jasa mereka mencari kualitas, nilai tambah, dan tentunya kenyamanan. Mereka juga lebih mengedepankan mendapatkan pengalaman baru dibandingkan memiliki sesuatu dalam bentuk barang.

Intinya adalah generasi millenial merupakan kumpulan masyarakatdinamis, bergerak cepat seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi. Sesuatu yang dianggap tidak lagi up to date cenderung ditinggalkan.

Dalam menggarap pasar dimana segmen dan targetnya adalah generasi millenial, pelaku bisnis dituntut harus senantiasa kreatif, penuh inovasi bahkan jika perlu berani melakukan eksperimen.

Aliran informasi yang cepat dan akurat merupakan hal harus dikuasai, tetapi perlu dicermati juga apakah sesuai dengan pertimbangan bisnis, sehingga diperlukan keberanian serta kejelian untuk mengambil keputusan. Namun generasi millenial juga tetap manusia yang selalu membutuhkan makanan dan juga tentunya hiburan.

Makanan dan hiburan juga merupakan suatu industri dengan tingkat persaingan yang ketat. Untuk mengembangkan bisnis makanan dan hiburan diperlukan kesungguhan untuk terus melakukan kreasi agar tidak tertinggal oleh pesaing.

Perlu diketahui, generasi millenial juga merupakan kelompok konsumen yang mudah bosan, mereka akan mencari produk dan jasa lain yang lebih menarik ketika mereka merasa produk dan jasa yang biasa dikonsumsi sudah tidak lagi sesuai dengan seleranya. Lantas dengan latar belakang tersebut, saat ini konsep eatertainment merupakan pilihan sekaligus tantangan bagi pelaku usaha untuk menggarap konsumen generasi millenial.

Mengenal Eatertainment, Sebuah Konsep Lama

Berawal pada tahun 1982, ketika David O. Corriveau dan James W. "Buster" Corley menggagas sebuah restoran dengan gaya baru. Berkat kecerdikannya sebagai pengusaha mereka membuka sebuah restoran sekaligus sebagai tempat bermain, dimana pada konsumen dapat menikmati menu makanan dan juga dapat bermain ping pong atau dart. Mungkin saat itu mereka tidak menyadari bahwa mereka telah menciptakan suatu konsep baru yaitu eatertainment.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline