Lihat ke Halaman Asli

Andryan Kusuma

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

10 Karakteristik Muslim

Diperbarui: 12 November 2022   15:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seseorang yang beragam Islam disebut dengan seorang muslim dan muslimah. Di Islam sudah sangat sempurna untuk sebagai pedoman atau acuan untuk kehidupan kita, terdapat juga suri tauladan yang dapat kita ambil contoh dalam hidup kita di dunia ini. Pedoman Islam adalah Al-Quran dan Hadits, dan suri tauladan dalam Islam adalah nabi Muhammad SAW.

Untuk menjadi muslim sejati, terdapat 10 karakteristik muslim yang harus dibentuk di dalam diri kita, yaitu :

Aqidah Yang Bersih

Aqidah yang bersih merupakan salah satu karakter menjadi muslim sejati yang harus ada pada setiap muslim dan muslimah. Dengan aqidah yang bersih, maka seseorang muslim tersebut memiliki ikatan yang kuat kepada Allah SWT dan juga tidak pernah menyimpang dari apa yang telah ditentukan.

Ibadah Yang Benar

Ibadah yang benar merupakan salah satu perintah Rasulullah yang penting. Dan ibadah yang sebagai tolak ukur amal yang pertama atau salah satu ibadah yang utama dinilai sholatnya.

Akhlak Yang Mulia

Akhlak yang mulia adalah salah satu bagian terpenting bagi setiap muslim. Baik dalam hubungan kepada Allah maupun dengan makhluk-nya. Karena memiliki akhlak yang mulia manusia akan hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Fisik Yang Kuat

Kuat jasmaninya juga point penting yang harus ada pada setiap muslim. Karena untuk menjalankan ibadah-ibadah yang Allah perintahkan seperti shalat, puasa, zakat dan haji, ataupun segala sesuatu amalan yang harus dikerjakan dengan fisik, kita harus memiliki fisik yang kuat dan sehat.

Berfikir Yang Cerdas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline