Lihat ke Halaman Asli

Andriyana

Penulis

PDIP Memilih Ganjar Pranowo: Menakar Kontestasi Politik

Diperbarui: 25 April 2023   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Indonesia saat ini sedang memasuki periode penting dalam politiknya, khususnya terkait pemilihan presiden yang akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang. Beberapa partai politik sudah mulai menyiapkan diri untuk mencari calon yang akan diusungnya pada pemilihan presiden tersebut. Salah satu partai politik yang mulai menggeliat adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang baru-baru ini mengumumkan bahwa Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, adalah bakal calon presiden yang akan diusung pada pemilihan presiden 2024. Pengumuman tersebut tentu menarik perhatian banyak pihak, terutama para pengamat politik. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai situasi politik pasca pengumuman tersebut, perlu untuk membahas terlebih dahulu mengenai posisi PDIP dalam politik Indonesia saat ini.

PDIP merupakan salah satu partai politik yang memiliki pengaruh besar di Indonesia. Partai ini didirikan oleh mantan Presiden Megawati Soekarnoputri pada tahun 1999 dan berhasil meraih suara terbanyak pada pemilihan legislatif tahun 2019. Saat ini, PDIP merupakan partai politik yang berada dalam koalisi pemerintahan bersama dengan beberapa partai politik lainnya. Kembali ke pengumuman Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden oleh PDIP, tentu saja hal tersebut memicu berbagai spekulasi dan prediksi mengenai situasi politik yang akan terjadi di masa yang akan datang. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah bagaimana respon dari partai politik lain terhadap pengumuman tersebut.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Dr. Siti Zuhro, mengatakan bahwa pengumuman Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden oleh PDIP dapat memicu terjadinya pergeseran dalam politik Indonesia. Hal ini dikarenakan PDIP merupakan partai politik yang memiliki pengaruh besar di Indonesia dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi partai politik lainnya. Namun, di sisi lain, ada juga yang berpendapat bahwa pengumuman tersebut masih terlalu dini dan masih banyak hal yang dapat terjadi hingga saat pemilihan presiden 2024. Selain itu, masih belum diketahui siapa pasangan Ganjar Pranowo yang akan menjadi capres dan cawapres yang diusung oleh PDIP pada pemilihan presiden tersebut. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa pengumuman Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden oleh PDIP telah menarik perhatian banyak pihak. Beberapa hasil survei pun menunjukkan bahwa nama Ganjar Pranowo memiliki popularitas yang cukup tinggi di kalangan masyarakat Indonesia.

Dalam hal ini, pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada, Dr. Wawan Mas'udi, mengatakan bahwa popularitas Ganjar Pranowo bukanlah satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan calon presiden. Menurutnya, ada banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan, seperti rekam jejak dan visi misi calon tersebut.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa popularitas Ganjar Pranowo dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat dalam memilih calon presiden pada pemilihan presiden 2024. Oleh karena itu, partai politik harus mempertimbangkan dengan matang dalam menentukan calon yang akan diusung. Namun, tidak hanya faktor popularitas yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan calon presiden. Ada juga faktor-faktor lain yang sangat penting, seperti rekam jejak, kapasitas, integritas, dan visi misi calon presiden tersebut. Selain itu, partai politik juga harus mempertimbangkan dukungan dari partai politik lain dan masyarakat dalam memenangkan calon presiden yang diusung.

Terkait dengan situasi politik di Indonesia pasca pengumuman Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden oleh PDIP, masih banyak hal yang dapat terjadi. Hal ini dikarenakan masih ada beberapa partai politik yang belum menentukan calon presiden yang akan diusungnya pada pemilihan presiden 2024. Selain itu, masih ada waktu yang cukup panjang hingga saat pemilihan presiden tersebut dilaksanakan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa pengumuman tersebut telah menarik perhatian banyak pihak dan memicu spekulasi dan prediksi mengenai situasi politik di Indonesia. Oleh karena itu, partai politik harus mempertimbangkan dengan matang dalam menentukan calon presiden yang akan diusungnya dan memperhatikan faktor-faktor yang sangat penting seperti rekam jejak, kapasitas, integritas, dan visi misi calon presiden tersebut. Dalam hal ini, pakar politik dari Universitas Indonesia, Prof. Rudi Sukandar, mengatakan bahwa partai politik harus memperkuat internalnya terlebih dahulu sebelum memutuskan calon presiden yang akan diusung. Menurutnya, partai politik harus memperbaiki struktur dan mekanisme internalnya sehingga dapat menghasilkan calon presiden yang berkualitas dan mampu memimpin Indonesia ke arah yang lebih baik.

Kesimpulannya, situasi politik di Indonesia pasca pengumuman Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden oleh PDIP masih sangat dinamis dan dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, partai politik harus mempertimbangkan dengan matang dalam menentukan calon presiden yang akan diusungnya dan memperhatikan faktor-faktor yang sangat penting seperti rekam jejak, kapasitas, integritas, dan visi misi calon presiden tersebut. Selain itu, partai politik juga harus memperkuat internalnya sehingga dapat menghasilkan calon presiden yang berkualitas dan mampu memimpin Indonesia ke arah yang lebih baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline