Lihat ke Halaman Asli

MC Pro

Media Project Cemerlang

3 Nasehat Untuk Kamu yang Sedang Mengeluh di Tempat Kerja

Diperbarui: 9 Juli 2024   23:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Membahas dunia kerja memang tidak akan pernah ada habisnya, selalu ada cerita setiap harinya ada cerita lucu, sedih, menyenangkan bahkan sampai ke cerita yang menegangkan. Setiap tempat kerja memiliki dinamika dan tantangan tersendiri. Tidak Jarang, berbagai keluhan muncul dari karyawan terkait berbagai aspek lingkungan kerja.

Keluhan di tempat kerja ini mencakup isu-isu antar sesama rekan karyawan, masalah dengan manajemen, beban kerja yang terlalu berat, permasalahan keuangan sampai ke masalah keluarga kadang terbawa ke tempat kerja.

Berikut hal yang seing membuat karyawan mengeluh di tempat kerja.


1. Tidak mampu mengontrol emosi

Sekecil apapun pekerjaan pasti akan dihadapkan dengan berbagai masalah, namun ada orang yang bisa dengan cepat menyelsaikan masalah tersebut, namun ada juga orang yang justru malah memperkeruh masalah. nah disini pentingnya kemampuan mengontrol emosi. semakin kita bisa mengontrol emosi maka semakin bijaklah kita dalam menghadapi masalah. namun sebaliknya semakin kita meledak-ledak ketika emosi maka masalah tersebut bukannya selesai malah akan bertambah.

2. Manajemen waktu yang berantakan

Sekecil apapun pekerjaan jika tidak dikerjakan maka akan menjadi pekerjaan yang besar, artinya masalah timbul bukan dari pekerjaanya melainkan dari manajement waktu yang berantakan. Hobi menunda pekerjaan salahsatunya, itu akan menjadi bom waktu yang akan menyita waktu kita dikemudian hari dan itu sangat bahaya dalam dunia kerja.

3. Adaptasi yang terlalu lama

Didalam pekerjaan apapun kita perlu beradaptasi, entah itu dengan pekerjaanya, lingkungan dan manajemen. namun akan menjadi masalah ketika adaptasinya terlalu lama. Pekerjaan akan terhambat, hubungan dengan lingkungan juga akan menjadi canggung. Adaptasi sangat diperlukan namun disarankan untuk adaptasi dengan cepat agar tercipta lingkungan kerja yang menyenangkan.

Lalu bagaimana cara kita agar bisa tetap menjaga semangat dan kinerja terbaik di tempat kerja?

Menurut Andi Gumilar seorang motivational speaker dan juga praktisi di bidang Business communication sering disampaikan di sesi seminarnya dan bahkan di akun instagramnya (@andi_gumilarr) setidaknya ada 3 hal yang dapat menjaga semangat dan motivasi kita di tempat kerja, apa saja itu?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline