Backpacker; Purwokerto dan Yogyakarta

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:56

Jalan-jalan emang enggak pernah ada matinya, semuanya dapat kita ketahuin dengan jalan-jalan. Perjalanan kali ini adalah Traveling ala backpacker mania kelas Newbie ke Purwokerto dan Yogyakarta. Check this out aja; Perjalanan kali itu, kami persiapkan (beberapa temen ngantor di bilangan Mampang) yang semua personilnya orang-orang bener semua, 5 laki-laki dan 3 wanita. Semuanya kita persiapkan 1 1/2 bulan sebelum hari H, karena emang rencananya kita mau tahun baruan 2010 ini di sana. Dan pada kesempatan kali ini saya dinobatkan menjadi Komandan Traveling. (bintang lima bosssss) Hari pertama; Rabu, 30 Desember 2009 Dari malam hari kita udah pastikan kalau point ketemuan kita di Stasiun Jatinegara, karena kita akan naik kereta pagi Fajar Utama/ Bisnis dari Jatinegara harga tiket waktu itu Rp. 55.000,- jam 06.57. Singkat cerita doski yang juga ikut pada perhelatan kali ini terlambat dateng gara-gara macet, dan ternyata eh ternyata semua personil emang pada kejebak macet karena masih banyak yang kerja, termasuk ane juga terlambat. Kita sengaja ambil pagi, biar sampai ke Purwokerto enggak malem, maklum Newbie. Akhirnya terpaksa kereta pagi kita lewat dan kita harus nunggu kereta setelahnya untuk kesana. Pas tanya punya tanya sama tukang karcis, ada kereta lagi nanti jam 12.29, ah....lega rasanya ternyata masih ada kereta kesana tarif Rp. 30.000,- kelas ekonomi. Karena dari rumah belom mandi, ane dan beberapa temen laki-laki, akhirnya mandi dulu di Stasiun, karena nyang ngantri banyak ampe nge-gedor pintu, ane sudahi dengan 5 gayung aer plus bayar Rp. 2.000,-, jadi tiap gayung 400 perak. Hahahaha......... Akhirnya semua seger dan ngobrol sambil nunggu kereta, hilir mudik, mencar-mencar, wah berabe nih, mulai pada BT (Bachelor of Technic). Akhirnya, ane ambil inisiatif, kita jalan-jalan yuk. Perjalanan di mulai, kita ber-8 ambil Busway di Jatinengara Station, yang ada di deket Jatinegara Market. Cukup Rp. 3.500,- (PP) jadi Rp. 7.000, kita ke Cempaka Mas Mall, buat iseng2. Walah, ampe emmol malah belom buka, gelap, maklum masih jam 09.15, nunggu lagi sambil ngobrol ngalor-ngidul, minum Mbah Sosro sama nyedot Sam Mild, jam udah nunjukin 09.45. Akhirnya kita semua masuk ke Ker-Pur, buat bebelanjaan, ada beberapa temen yang belom sempet belanja snek soalnya. Skip........ Sampailah kita di Jatinegara lagi jam 11.30, sebelum ke stasiun ane sempet ke pasarnya buat beli celana pendek. Hehehehe..........

Kereta Gaya Baru Malam yang ditunggupun datang jam 12.30, teng jam 12.35 kereta berangkat, bujug buneng, sesek banget, apalagi pas dipintu enggak ada yang mau ngalah apalagi si-klepto mana mao dia ngalah, orang lagi kerja yak. Akhirnya dapet juga di gerbong 6, samping bapak-bapak, dan bersiaplah untuk perjalanan dengan berdiri sampai Purwokerto. Lumayan juga dari ganteng, kusem, bulukan, ampe g tau bentuk wajah gimana lagi bayangin aja semua personil berdiri sampe Purwokerto, udah gitu nih kereta pake langsir mulu, jadi yang seharunya sampai Purwokerto jam 18.30 jadi jam 20.30, mati rasa kaki ane gaaaaaaaaaaaaaaaaaaan.

Karena udah cape banget, ane langsung nyari kendaraan buat nyari penginapan, tapi sebelom itu makan dulu di depan stasiun, lumayan makyussss, karena lapar. Selesai makan, manggil taksi dan ane minta anterin ke hotel yg paling deket, tapi kata pak sopir jangan mas, disitu enggak bagus, kotor, udah gitu banyak ja**ay-nya lagi. Oke dech, akhirnye ane dianter ke hotel deket Terminal Bus Baru Purwokerto, bersih banget, kamar mandi di dalem, cuma 85rb/ malam, jadi ane cuma ngerogoh 170rb buat dua malem x 3 kamar. Maaf banget nih, ane lupa nama hotelnya. Istirahatlah sudah. Hari kedua; Kamis, 31 Desember 2009 Setelah tidur nyenyak dan sarapan enak, ane dan temen-temen langsung jalan ke terminal  bus baru Purwokerto, untuk cari angkot (len) ke Batu Raden. Tanya punya tanya, akhirnya dateng juga tuh angkot biru persis kayak di Depok (Margonda), naiklah kita semua ber-8 orang, dengan modal 8.000 perorang akhirnya perjalanan 1 jam dapat terobati juga setelah kita sampai di pintu masuk Batur Raden. Karena cukup menggiurkan, akhirnya aku dan doski ambil tiket terusan 12.500/ orang, kalau yang lain hanya 7.500, karena cuma mau lihat-lihat.

Diatas adalah sebagian penampakan di Batur Raden.

Batur Raden berada di tenggara Purwokerto, berada di kaki Gunung Slamet, didalamnya terdapat sejarah yang tinggi, hanya saja newbie tidak dapat menceritakannya, tapi pembaca dapat cek di http://khatulistiwa.info/gunung/38-gunung-slamet.html atau di http://ceritagunung.blogspot.com/2007/10/gunung-slamet-jalur-baturaden.html.

Mount of Slamet, Purwokerto Setelah puas keliling Batur Raden, dari cuma liat-liat pemandangan, foto, ke pemandian air panas pos 1 (bayar lagi 7.500,-), pijat, di petilasan Syech Maghribi, naik perahu bebek, mobil sepeda, dsb. Berhubung cuaca mendung sekali, dan petugas Batur Raden sudah kasih peringatan ke kita untuk meninggalkan arena air terjun, okelah akhirnya cari tempat makan, enggak ada yang cocok kata anak-anak, mana udah laper banget. Singkat cerita, kita akan makan di kota, naik len ke Pasar "Anu", bayar 5.000, trus naik lagi yang ke kota 3.000, widih jauh bener kirain cuma sejam, lebih banget apalagi pake acara ngetem, nyari penumpang segala. Peraturan pertama; "seorang backpacker harus sabar". Cari tempat makan, masuklah kita disebuah mall, namanya ABC Mall, alamakjang rame banget ini mall, bener-bener merakyat sekali, setiap sudut isinya orang semua (ye.....masa kutu). Ah, sumpek banget, akhirnya ane cepet-cepet keluar dan cari udara sama bocah lanang buat ngerokok, puss....., akhirnya yang cewek pada keluar dan bilang laper nih, hah emang dari tadi.

Singkat cerita, akhirnya cuma makan baso yang isinya kuah doang + es duren kesukaan ane, makyuuuus, 25.000 keluar dari dompet. Lelah seharian, udah jam 15.00, waktunya untuk pulang ke hotel, cari angkot dan wuuuuuuuuuu......sss, sampailah di hotel, sebelumnya kita beli makanan untuk nanti malam + roti untuk sarapan, walaupun dari hotel disediakan breakfast. Akhirnya malam tahun baru terlewati dengan tertidur pulas. Hari ketiga; Jum'at, 1 Januari 2010 Jam menunjukan pukul 09.00, karena kita harus siap-siap ke stasiun untuk ngejar kereta, ambil len ke stasiun, sampai stasiun, nanya sama yang jaga, kereta ke yogya kira-kira jam berapa ya, wah nanti malam jam 20.00. Weeeeeeee.........alah toh le...., sempet ribut sama doski dan temen-temen, akhirnya diputuskan kita balik ke Terminal Purwokerto untuk ambil bus cepat ke Yogya. Sampailah di Terminal dan langsung nanya bus ke Yogya mana? macam pilihan, akhirnya ane langsung milih bus EFISIENSI 50.000/ orang. Alhamdulillah, jalan juga ini bis, walaupun sempet ribut kita mau pulang, atau nerusin perjalanan. Peraturan ke dua; Backpacker tidak boleh marah-marah dijalan.

Bus ini nyaman sekali, air suspension, sepanjang perjalanan yang memakan waktu 3 1/2 jam, ane dan temen-temen menikmati pemandangan indah melewati berbagai daerah di belahan Jawa Tengah bagian selatan. Tidak terasa tertidur pulas, dan sampailah di Yogya.

Karena belum ada tujuan langsung ambil Trans Yogya yang menuju stasiun Lempuyangan, untuk nyari tiket pulang.

Kacau bet..., banyak amat yang ngantri, waduh matilah kudu nginep lagi nih, okelah kalau begitu, biaya ekstra di selipan dompet harus dikeluarkan. Inisiatif langsung ke Candi Prambanan, jam sudah pukul 16.20. Naek becak, ambil trans yogya yang belum sebersih dan serapih Jakarta, pindah 2 koridor, dan sampailah dicandi, hahahaha...........serasa mau ketawa disini, candinya udah tutup. Bagaimana enggak tutup, jam 17.45 mau masuk candi, mau ngapain. Huhuhu.......