Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Mengikuti Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Diperbarui: 15 Februari 2022   03:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Program Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bapak Nadiem Makarim kini sedang digencarkan oleh setiap kampus di seluruh Indonesia.

Program ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman belajar diluar kampus melalui program magang dan studi independen bersertifikat yang sangat bermanfaat.

Program magang dan studi independen bersertifikat ini merupakan salah satu dari sekian program utama Kemendikbudristek yang ditawarkan kepada mahasiswa melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Magang bersertifikat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman praktis di dunia industri atau dunia profesi yang sebenarnya selama jangka waktu satu semester melalui pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skill dan soft skill sehingga mahasiswa lebih percaya diri dalam memasuki dunia kerja dan karir.

Selain itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui kegiatan di luar kelas perkuliahan tetapi tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan.

Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin membekali diri dengan menguasai kompetensi khusus dan praktis yang juga dibutuhkan dalam dunia industri maupun dunia profesi.

Terkait program ini, Fakultas Hukum Universitas Jember untuk pertama kalinya melaksanakan program magang bersertifikat dengan beberapa mitra yang banyak diminati oleh mahasiswa yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember, hal ini terlihat dari jumlah mahasiswa yang telah mengikuti magang di OJK Jember yang mencapai 48 orang.

Kegiatan magang bersertifkat ini memberikan banyak pelajaran bagi mahasiswa, mahasiswa dituntut untuk bersikap disiplin, tepat waktu dan tanggap akan adanya suatu masalah dalam menjalankan kegiatan magang.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama magang bersertifikat di kantor OJK yakni mempersiapkan pembagian sertifikat webinar kepada peserta, pemberian materai pada berkas-berkas tertentu, pembuatan power point dan presentasi hasil pendamping serta penyuluhan secara sederhana terkait keuangan digital pada rekan-rekan mahasiswa yang lain.

Ini merupakan bentuk praktik nyata dari berbagai mata kuliah yang diajarkan di perkuliahan sekaligus menjadi tambahan pengalaman dalam menganalisa suatu sistem didalam instansi pemerintahan atau perusahaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline