Lihat ke Halaman Asli

Kursus Gratis, Berguna dalam Pembentukan Karakter Bangsa

Diperbarui: 29 Desember 2015   02:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mudahnya mengakses Internet pada era ini sangat berguna bagi kita semua. Kita dapat mempermudah segala hal hanya dengan mengaksesnya melalui internet. Termasuk juga mempermudah dalam hal pembentukan karakter bangsa.

IndonesiaX merupakan organisasi non-profit yang menawarkan kursus online terbuka besar-besaran atau Massive Open Online Source (MOOCs) dari universitas dan institusi terbaik, yang diciptakan oleh PT Education Technology Indonesia (ETI) dengan mengusung "Enriching Lives Through Education" yang diberikan secara gratis, dapat diakses oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.

IndonesiaX adalah persembahan untuk negeri pada ulang tahun ke-70 sebagai wadah edukasi online yang membantu dalam pembentukan karakter bangsa. Salah satu cara menciptakan karakter bangsa yang baik adalah didapatkan dengan memiliki kualitas pendidikan yang baik bagi seluruh masyarakatnya. Selaras dengan visi IndonesiaX yaitu menjadi penjaga dari layanan pendidikan terbuka dan terdepan di Indonesia, memberdayakan siswa dengan perangkat yang diperlukan untuk membangun potensi akademis mereka.

     Cara yang dilakukan IndonesiaX dalam mewujudkan visinya adalah dengan memberikan kursus online gratis. Topik yang diberikan memiliki cakupan yang sangat luas, mulai dari topik akademis seperti "Cyber Law" hingga topik untuk menambah keterampilan hidup seperti "Change Management" dan dikemas secara menarik oleh para ahli dari berbagai universitas dan institusi. Peserta didik pun dapat memilih secara bebas topik apa saja yang diminati. Untuk materi kursus, diberikan melalui video kursus, transkrip, tes, dan ujian akhir yang semuanya dapat diakses dengan mudah di website IndonesiaX. Selain itu, sebagai tanda bukti bahwa kita telah mengikuti kursus, kita bisa mendapatkan sertifikat yang bisa didapat dengan memiliki nilai kelulusan lebih dari 50% atas tes dan ujian akhir. Sertifikat ini juga sangat berguna dalam menunjang karir dan kompetensi kita.

     Untuk mengikuti kursus online gratis yang disediakan IndonesiaX sangat mudah, langkah-langkahnya yakni:

  1. Mendaftar untuk membuat akun pribadi dengan mengunjungi website IndonesiaX, klik daftar, masukkan alamat email, nama pengguna, dan detil informasi lainnya, kemudian mengklik aktivasi yang dikirimkan pada email terdaftar setelah Anda mendaftar.
  2. Memilih kursus yang diminati.
  3. Akses materi kursus melalui akun pribadi.
  4. Menyelesaikan tes kursus.
  5. Lulus dan memperoleh sertifikat yang terverifikasi

Saya ucapkan terimakasih kepada IndonesiaX atas partisipasinya dalam edukasi online dan juga antusias dan dukungan semua pihak untuk terus meningkatkan upaya pembentukan karakter bangsa yang lebih baik lagi, untuk Indonesia yang lebih maju!



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline