Lihat ke Halaman Asli

Andriani Novitasari

Wanita yang selalu ingin belajar

Meriahnya Perayaan Imlek yang Kurindukan

Diperbarui: 13 Februari 2021   11:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: jogja.tribunnews.com

Tahun Baru Cina atau biasa disebut dengan Imlek merupakan tradisi tiap tahun yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa. Imlek menandakan bergantinya tahun, dimana dalam kalender Cina sendiri terdapat 12  jenis tahun yaitu Tahun Tikus, Kerbau, Macan, kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing dan Babi.

Tahun Baru Imlek 2021 ini, bertepatan dengan Tahun Kerbau tepatnya Tahun Kerbau Emas. 

Berikut ini kenangan saya ketika menghadiri perayaan Imlek di Penang Malaysia tahun lalu. Waktu itu saya dan keluarga terbang ke Penang untuk melihat bagaimana masyarakat Penang yang mayoritas Tionghoa merayakan Imlek.

Ketiba tiba di hotel, sudah terasa suasana Imlek karena hotel tempat kami sekeluarga menginap dihiasi berbagai pernak-penik Imlek yang cantik dari mulai di pintu masuk, lobby, maupun ruang-ruang lain.

Demikian pula para pegawai di hotel, semuanya berpakaian merah yang menjadi ciri Imlek sehingga menambah suasana hangat bagi para tamu untuk ikut merasakan perayaan Imlek.

Pada saat malam menjelang Imlek, ketika pulang dari jalan-jalan melihat-lihat suasana kota Penang ternyata sudah tersedia kejutan yang diberikan oleh pihak hotel. Kami mendapat sepiring jeruk dan amplop merah yang berisi uang di dalam kamar.

Dokumen Pribadi

Esok harinya di restoran, kami masih diberikan masing-masing sebuah jeruk ketika registrasi untuk makan pagi. Semua patugas di restoran pagi itu mengenakan baju tradisional Cina yang membuat saya merasa sedang berada di Cina pada jaman kerajaan kuno 😁

Menu makanan hari itu selain menu Barat, juga tersedia menu-menu peranakan yang biasa dihidangkan pada saat Imlek. Chocolate fountain juga tersedia pada saat itu, dimana kita bisa mencelupkan makanan seperti aneka buah segar, marshmallow, serta aneka kue kering ke dalam coklat.

Dokumen Pribadi

Setelah makan siang ternyata ada pertunjukan barongsai di hall hotel yang terbuka untuk umum, tidak hanya untuk para tamu hotel. Sebenarnya sudah beberapa kali saya menyaksikan barongsai di Indonesia, namun entah mengapa ada yang berbeda dengan pertujukkan barongsai di Penang tersebut. Suasana lebih meriah karena banyaknya yang terlibat dalam tim barongsai tersebut. Mereka terlihat sangat kompak berkerjasama sejak tahap persiapan, pada saat bermain barongsai maupun ketika setelah selesai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline