Lihat ke Halaman Asli

5 Penyebab Asam Lambung yang Wajib Anda Ketahui

Diperbarui: 7 November 2018   16:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Penyebab Asam Lambung

Kami sudah siapkan 5 penyebab asam lambung yang wajib anda ketahui. Namun sebelum itu mari kita bahas dulu pengertian dari asam lambung itu sendiri. Asam Lambung adalah salah satu penyakit yang menyebabkan rasa sakit pada ulu hati atau terasa ada sensasi terbakar di dada, kenapa bisa terjadi ada rasa sensasi terbakar di dada ? jawabannya karena asam lambung ini naik menuju esofagus. Kebanyakan orang menganggap penyakit asam lambung sama dengan penyakit maag kronis, tapi jangan salah penyakit ini berbeda dengan penyakit maag kronis. 

Seperti halnya penyakit maag kronis penyakit ini juga sering di anggap penyakit yang remeh, tapi jangan salah juga penyakit ini dapat berdampak fatal seperti penyakit maag kronis yaitu berdampak kematian. Nah sekarang mari kita bahas apa sih penyebab sebenarnya penyakit asam lambung ini ? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

1. Selalu Berbaring Ketika Sudah Beres Makan

Untuk penyebab yang pertama yaitu selalu berbaring ketika sudah beres makan, baik itu berbaring di kasur ataupun di sofa. Nah apakah anda pernah melakukannya ? Saya yakin hampir semua pernah melakukan hal tersebut, kelihatannya memang tidak seberapa namun dampaknya cukup fatal juga yaitu dapat memicu datangnya penyakit asam lambung. Oleh karena itu coba hilangkan kebiasaan berbaring atau tiduran ketika setelah beres makan demi menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit ini.

2. Makan Terlalu Kenyang

Penyebab yang selanjutnya yaitu akibat makan terlalu kenyang. Makan terlalu kenyang atau makan berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan dan tentunya juga dilarang dalam agama islam. Makan yang sehat itu adalah makan yang secukupnya 4 sehat 5 sempurna. Pernahkah anda mengalami perut yang sakit dan malam bergerak ketika makan berlebihan ? pastinya anda semua sudah pernah mengalami hal seperti itu, nah itulah salah satu penyebab asam lambung naik. Maka dari itu buang kebiasaan buruk semacam itu demi menjaga kesehatan diri anda.

3. Kelebihan Berat Badan

Nah penyebab selanjutnya yaitu akibat kelebihan berat badan. Anda memiliki berat badan yang berlebih coba kurangi konsumsi makan anda dari sekarang atau anda melakukan diet sehat. Kenapa ? Asam lambung akan mudah menyerang terhadap orang yang memiliki berat badan yang berlebih. Bukan saja asam lambung, mempunyai berat badan yang berlebih juga dapat memicu datangnya berbagai penyakit. Maka dari itu lebih baik kita mencegah dari sekarang daripada mengobati.

4. Faktor Mengkonsumsi Alkohol

Penyebab yang lainnya yaitu karena faktor mengkonsumsi alkohol. Alkohol memang memiliki zat yang dapat merusak tubuh terutama saraf ke otak, oleh karena itu alkohol bukan hanya memabukan saja namun juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Nah lebih tepatnya faktor dari alkohol menyebabkan asam lambung cepat mudah naik dan menyebabkan rasa sakit pada bagian lambung dan rasa panas di dada. Maka dari itu mulai sekarang jauhi yang namanya alkohol atau minuman beralkohol jika anda tidak ingin terserang penyakit ini.

5. Hamil

Penyebab yang terakhir yaitu akibat faktor kehamilan. Memang kebanyakan orang hamil akan mudah terserang asam lambung. Terus gimana nasib saya seorang perempuan jika suatu saat nanti hamil ? Tenang faktor dari kehamilan tidak semuanya mengalami hal ini atau terserang penyakit ini hanya 20% dari 100%.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline