Lihat ke Halaman Asli

Andri Marza Akhda

Content Planner

Inilah Alasan Kuat Mengapa Anda Harus Melakukan Strategi Segmented Marketing Ketika Menjalankan Bisnis Web Berita!

Diperbarui: 18 Oktober 2024   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Smilesavvy.com

Website adalah jenis platform informasi yang banyak diakses oleh pengguna internet. Melalui sebuah website, mereka bisa mendapatkan informasi detail terkait data yang sedang dicari. Selain digunakan untuk bisa memudahkan pengguna internet mendapatkan informasi, website juga banyak digunakan sebagai ladang untuk menghasilkan banyak cuan.

Ada banyak jenis monetisasi yang bisa diterapkan melalui website ini. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan website ke dalam program publisher Google AdSense. Untuk niche website-nya sendiri beragam. Anda bisa menjalankan website berisikan informasi kesehatan, olahraga, atau semua niche (gado-gado). Biasanya, para pebisnis atau lebih tepatnya web blogger akan memilih untuk menjalankan website yang informasinya berjenis berita.

Mengapa demikian?.

Didapatkan dari data SEMrush Traffic Analytics 2024, 2 di antara 10 jenis website yang populer dikunjungi oleh netizen Indonesia, adalah website berjenis berita. 2 website ini, adalah Detik.com dan juga Kompas.com. Data ini menunjukan bahwa website berita selalu punya potensi yang kuat untuk mendapatkan traffic yang besar. Traffic sendiri adalah metrik penting yang wajib web blogger optimalkan jika ingin menghasilkan iklan AdSense dengan cost per click atau click-through rate yang maksimal.

Selain itu, web blogger yang menjalankan website berita biasanya bisa dengan mudah menemukan sumber informasinya dengan cepat dari website media media besar. Mereka bisa menggunakan sumber informasi yang sudah ada, untuk kemudian disadur ulang, seakan-akan menjadi artikel berita yang baru.

Sayangnya, website berita bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalankan oleh web blogger. Web blogger harus tahu taktik jitu demi dapat menjadikan website beritanya muncul ke permukaan. Atau lebih tepatnya muncul di halaman 1 Google. Terinspirasi dari artikel Creativism tentang "Strategi SEO untuk Website Berita", ada satu strategi yang menjadi pusat perhatian mimin. Strategi yang mimin maksud adalah segmented marketing.

Apa itu segmented marketing?. Segmented marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok atau kategori-kategori tertentu. Segmented marketing ini dapat membantu web blogger untuk;

  • Mengembangkan website beritanya ke target audience yang terarah.
  • Personalisasi konten yang lebih kuat.
  • Meningkatkan kredibilitas website terutama pada local SEO.

Adapun contoh strategi segmented marketing yang bisa Anda lakukan untuk website berita ini, adalah dengan membuat website berita lokal, semisal sesuai dengan daerah tempat Anda tinggal. Semisal Anda tinggal di Kota Purwokerto, maka Anda bisa membuat website berita khusus seputar Kota Purwokerto dan sekitarnya.

Nama domainnya bisa saja seperti ini kabarpurwokerto.com atau yang sejenisnya. Selain melakukan segmented marketing menyesuaikan lokasi, Anda juga bisa melakukan segmented marketing ini pada website berita, dengan memilih niche atau topik khusus. Semisal kesehatan, olahraga, dan lain-lain.

Lantas mengapa website berita yang dijalankan secara independen oleh web blogger, atau tim kecil, disarankan menjalankan strategi yang satu ini?. 4 di antara banyak alasannya adalah;

1. Menghindarkan Website Anda dari Persaingan Website Berotoritas Tinggi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline