Lihat ke Halaman Asli

Andri Marza Akhda

Content Planner

Riding The Wave: Strategi Jitu dapatkan Engagements Konten Lebih Cepat

Diperbarui: 28 Agustus 2024   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Cholula.com

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan jika ingin menjalankan bisnis yang sukses. Salah satu di antara banyak cara tersebut adalah memahami dengan baik kebutuhan serta keinginan terbaru dari target audience. Kita bisa memahaminya melalui berbagai bantuan tools digital layaknya SEMrush, Ahrefs, maupun Google Trends. Bahkan kita bisa saja memahaminya melalui media sosial seperti Instagram, TikTok dan juga YouTube.

Tidak jarang tren konten yang ada di media sosial menjadi tren konten untuk media-media digital lainnya. Kita bahkan sudah sering melihat acara atau berita di televisi yang diangkat dari tren di media sosial. Apa yang media televisi ini lakukan sebenarnya adalah bagian dari teknik marketing yang sering diterapkan oleh para pebisnis di era modern sekarang ini. Teknik marketing yang dimaksud adalah riding the wave. 

Riding the wave sendiri adalah salah satu dari jenis emotional marketing. Didapatkan dari Creativism, emotional marketing adalah taktik pemasaran yang memanfaatkan respons emosional target audience sebagai basis utamanya. Respons emosional ini kemudian diarahkan dengan tepat agar target audience dapat mulai mengenal brand yang kamu miliki.

Lantas, apa itu riding the wave?. bagaimana cara menjalankannya, dan apa saja contoh nyatanya?. Semua pertanyaan ini, akan mimin jawab lengkap di dalam artikel. Jadi simak baik-baik ya!.

Apa itu Riding The Wave?

Sesuai dengan artinya yakni mengendarai ombak, riding the wave adalah strategi untuk dapat memanfaatkan isu yang sedang beredar di masyarakat sebagai bagian dari promosi bisnis. Kita bisa saja menyebut riding the wave ini sebagai "pansos level tinggi". Strategi seperti ini, sudah sering diterapkan oleh mereka yang bekerja sebagai influencer.

Tujuannya jelas, adalah untuk mendapatkan perhatian audience secara cepat. Strategi ini membantu fokus utama audience yang sedang terpaku kepada isu tertentu untuk kemudian beralih fokus pada kampanye bisnismu.

Strategi ini sendiri tidak bisa dijalankan langsung begitu saja. Diperlukan perencanaan yang matang terkait isu yang ingin dimanfaatkan. Jangan sampai kamu malah memilih isu yang terlalu panas dan kurang cocok dijadikan sebagai bagian dari taktik riding the wave.

Jika taktik riding the wave ini dijalankan tanpa adanya perencanaan yang matang, kampanye bisnis yang dilakukan malah akan berakhir kata pansos. Brand kamu akan dicap kurang kreatif dan terlalu memaksa untuk bisa ikut ke dalam gelombang. Lantas, bagaimana caranya menjalankan taktik riding the wave ini dengan baik?.

Bagaimana Cara Menjalankan Taktik Riding The Wave?

Kamu bisa mulai menjalankan taktik atau strategi riding the wave dari langkah pertama terlebih dahulu, yakni;

1. Memahami Tren atau Isu Terbaru di Masyarakat

Ya, sebisa mungkin untuk kamu terlebih dahulu memahami dengan baik tren atau isu terbaru yang terjadi di masyarakat. Pelajari dengan detail, dan carilah ombak positif. Jangan sampai kamu malah memilih ombak yang tidak selaras dengan apa yang juga dipahami oleh masyarakat. Memilih untuk mengendarai ombak berlawanan, malah akan membuat brand kamu tidak dapat mewakili perasaan emosi dari masyarakat. Hal sebaliknya akan terjadi kita kamu memilih ombak yang searah dengan arah emosi masyarakat.

2. Memperkuat Pemahaman akan Product Knowledge yang Ada

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline