SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas, halaman hasil pencarian search engine. Ilmu ini, biasanya difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Untuk bisa menjalankan SEO, bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan pemahaman yang kuat terhadap 4 metode SEO di dalamnya.
Sayangnya, pemahaman seperti ini tidak dimiliki oleh semua pebisnis. Kebanyakan menganggap bahwa SEO itu mudah dan hanya berbicara tentang konten. Tentu saja pemahaman seperti ini salah besar. Nah, untuk mengembalikan marwah dari SEO ini ke jalur yang benar, ada baiknya untuk kamu mengetahui 4 hal penting di bawah ini.
4 hal ini sekaligus menjadi 4 hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum menjalankan SEO. 4 hal ini, didapatkan dari keterangan yang diberikan Agency SEO Terbaik asal Jogja, Creativism. Penasaran apa saja? simak baik-baik artikel ini ya!.
1. SEO itu Berbicara Tentang Proses
Yang pertama, adalah SEO itu adalah strategi pemasaran yang memerlukan proses panjang. Ya, SEO berbeda jauh dengan SEM (Search Engine Marketing) seperti menggunakan Google Ads. Diperlukan proses optimasi website yang panjang dan konsisten agar kampanye SEO berjalan dengan sukses.
Tidak heran jika SEO lebih cocok digunakan oleh pebisnis yang sabar dan berorientasi pada relationship marketing yang baik melalui search engine.
Lantas, apakah website yang sudah berumur otomatis memiliki nilai SEO yang tinggi?. Apabila website tersebut mengalami proses optimasi yang tepat sasaran, tidak mencederai aturan daripada Google alias Black Hat SEO, serta konsisten, maka jawabannya adalah iya.
Jika tidak, maka selama apapun proses optimasi yang kamu lakukan pada website tersebut, tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Ya, untuk mendekati tujuan saja tidak bisa.
2. SEO Bukan Sekedar Konten Artikel
Ya, ada banyak pebisnis, terutama di kalangan pemula yang mengatakan bahwa SEO hanya sekedar permainan konten artikel. Anggapan ini jelas salah besar. Memang benar kalau konten artikel adalah ujung tombak dari performa SEO website. Terlebih lagi pembuatan konten artikel adalah bagian dari On Page SEO. Strategi SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website utama.
Tapi, itu tidak lantas bisa menjadi landasan kuat untuk anggapan bahwa SEO hanya sekedar permainan konten artikel saja. SEO adalah ilmu optimasi website yang terdiri 4 metode utama. Selain On Page SEO, juga ada Off Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO.
Off Page SEO: Teknik SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website alternatif. Salah satu contoh penerapannya adalah dengan membangun backlink yang relevan.