Lihat ke Halaman Asli

Andri Marza Akhda

Content Planner

Mengapa SEO Sering Diremehkan untuk Optimasi Bisnis?

Diperbarui: 25 September 2023   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Unsplash.com

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah teknik optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Google melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Teknik ini memang berfokus pada cara kamu mengembangkan sebuah website. Di dalam SEO sendiri, sebenarnya terdapat banyak teknik yang bisa dijalankan.

Namun, secara umum teknik-teknik tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam 4 metode SEO, yakni Local SEO, Technical SEO, On Page SEO dan Off Page SEO. Mempelajari keempat metode SEO ini sekaligus, jelas bukanlah perkara yang mudah.

Belum lagi pebisnis yang memilih menjalankan SEO sebagai marketing channel utamanya, harus benar-benar peka terhadap perubahan terbaru dari algoritma Google. Jika tidak, maka strategi SEO yang dilakukan akan berjalan sia-sia.

Sebagai salah satu jenis dari banyak marketing channel, SEO memang tidak "sepowerful" strategi Pay Per Click Marketing atau SEM, contohnya Google Ads. SEO dianggap oleh banyak pebisnis sebagai cara kuno dan tidak mendatangkan lead secara cepat.

Jika poin penilaian perbandingan antara keduanya hanya melibatkan kecepatan mendatangkan lead, jelas SEO kalah telak.

SEO bukanlah yang terbaik. Terlebih lagi bagi pebisnis yang lebih berorientasi pada hasil, bukan pada penguatan brand awareness dari bawah. SEO bukanlah pilihan terbaik untuk kamu yang tergolong tidak sabar menunggu hasil kampanye SEO.

Ya, SEO bukanlah pilihan terbaik untuk itu semua. Tapi, SEO jauh lebih unggul dari Google Ads dari banyak sisi marketing lainnya. Dimulai dari sisi; 

1. Penghematan Biaya Promosi Bisnis

Ya, SEO mampu membantu kamu untuk lebih banyak menghemat biaya promosi bisnis. Ketika konten SEO yang kamu kreasikan berhasil masuk halaman 1 Google, maka konten tersebut akan awet di sana untuk waktu yang cukup lama.

Bahkan banyak hasil dari pencarian keyword tertentu yang masih menampilkan konten yang telah diproduksi 1 tahun yang lalu di halaman 1 Google. Bayangkan hasil daripada konten keyword tersebut menggunakan Google Ads, sudah berapa milyar rupiah mesti dikeluarkan dari kantong pribadimu?.

2. Peningkatan Brand Awareness ke Level Top of Mind di Google

Ketika pebisnis menggunakan Google Ads, hampir jarang ada yang menggunakannya untuk meningkatkan brand awareness website. Yang mereka lakukan hanyalah menargetkan iklan agar menghasilkan banyak lead.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline