Disruptif telah meningkatkan tantangan perilaku konsumen dan penggunaan telknologi termasuk di bidang perbankan. Perbankan bersifat sangat konservatif yang harus diregulasikan dan memerlukan stabilitas dan keamanan. Blakstad dan Allen (2018) menyebutkan keamanan dan stabilitas tidak bisa ditinggalkan dan konsumen akan memilih perbnankan yang lebih aman. Dalam bersamaan, digital baru dan kcrypti currency telah berkembang yang dimulai sejak isu non tradisional. Beriku karakteristik perbankan tradisional:
- Model full servis, termasuk retail, komersial, pasar, manajemen kesejahteraan dan pelayanan asuransi;
- Pelayanan seperti operasi perbankan, teknologi, keuangan, sumber daya manusia, manajemen risiko, dll. Yang diatur oleh bank;
- Pusat data yang konsumen dan data diatur oleh bank;
- Pengembangan diri aplikasi;
- Pusat kontgrak;
- ATM, karti, dan pembayaran mobile;
- Geografik;
- Hirarki pada styruktur bisnis;
- Pengawasan kinerja;
- Request driven, model pelayanan produk.
Kepercayaan tentang keberagaman produk adalah tergantung dari pengalaman konsumen berdasarkan hubungan, kebutuhan terhadap pengalaman konsumen, yang Bersama-sama memerlukan pengawasan untuk memberikan perbankan. Kompleksitas ini jauh lebih bisa ditingkatkan sebagai universal bank yang terintegrasi. Terdapat beberapa tantangan perbankan terkait pengalaman yakni:
- Berfokus terhadap segmen konsumen yang lebih dekat dengan konsumen retail, penawaran akun dan kartu melalui sarana pendukung;
- Teknologi yang digunakan sebagai diferensiator;
- Kecil dan agile;
- Penggunaan fintech dan provider pelayanan untuk mendukung permintaan pelanggan;
- Infrastruktur pembayaran;
- Pengembangan system core banking;
- Bisnis yang berisiko beserta pengendaliannyua;
- Maturitas regulasi;
- Ekosistem perbankan yang berkolaborasi dan berfokus terhadap pelayanan pelanggan yang memiliki karakter yakni target pasar, berfokus terhadap teknologi, menawarkan bariasi pelayanan provider, berkaitan erat dengan fintech, mendistribusikan model bisnis, small dan agiole, dan berfokus terhadap pelanggan daripada peningkatyan teknologi.
Ekosistem perbankan akan berevolusi melalui pelayanan keuangan yang akan melihat ke depan, tetapi model akan memerlukan parallel dengan evolusi ekosistem yang berfokus terhadap pelangganm dan stabilitas, Perbankan akan selalu berusaha untuk meningkatkan keberlangsungannya di tengah ketidakpastian lingkungan agar selalu dipercaya oleh pelanggan dan selalu eksis di tengah masyarakat.
Daftar Pustaka
Blakstad, Sofie, dan Allen Robert. 2018. Fintech Revolution. Covenhagen:palgrave
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H