Lihat ke Halaman Asli

SITUMORANG YOSUA

To celebrate life, to do something good for others

INA vs ARG: Eksibisi untuk Prestasi atau Elektabilitas?

Diperbarui: 30 Mei 2023   19:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

 INTRO

Pertandingan Timnas Sepakbola Putra Senior Indonesia vs Argentina jadi trending topic di negara penghasil CPO terbesar dunia beberapa waktu belakangan. Sehabis juara Sea Games 2023 kemarin, euforia masyarakat Indonesia pada sepakbola kembali tinggi. PSSI pun 'menghadiahi' timnas dengan kesempatan bertanding melawan nomor satu dunia, Messi cs. Hanya pertanyaannya, apa tujuan dari eksibisi ini?

Pak Menteri sekaligus Ketum PSSI mengatakan bahwa pertandingan ini bertujuan untuk mencari keuntungan bagi PSSI. Selain itu, ini juga jadi ajang untuk menguji nyali pemain Timnas Indonesia dan memperbaiki posisi di ranking FIFA.

Kalau hitung-hitungan di atas kertas, ya jelas pemenangnya Argentina. Menurut data terakhir, Argentina sebagai juara dunia menduduki peringkat 1 FIFA. Sementara Indonesia, berada di ranking ke-159. Lebih jauh, di ASEAN sendiri Indonesia bukan tim yang dominan, hanya duduk di peringkat ke-5, dibawah Filipina dan Malaysia. 

Jadi apa yang diharapkan? Ya kalau dari jabaran diatas, yang paling mungkin adalah mencari untung bagi PSSI, yang uangnya mungkin bisa digunakan untuk keperluan pengembangan sepakbola. Realistis aja lah ya. Atau menjadi ajang eksposur menjelang tahun politik 2024?

BELAJAR DARI CINA

Berdasarkan populasi di dunia, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia nomor 4, dengan sepakbola sebagai olahraga yang paling diminati oleh warga Indonesia, sebesar 21 persen.

NO

NEGARA

JUMLAH PENDUDUK

OLAHRAGA FAVORIT

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline