Lihat ke Halaman Asli

Visionary

Pelajar SMA

Golden Rules JKT48 itu Apa? Golden Rules JKT48 dan Dampaknya ke Member dan Trainee JKT48

Diperbarui: 25 Mei 2024   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bulan Mei 2024, Golden Rules dan JKT48 menjadi ramai karena ada beberapa member yang melakukan pelanggaran terhadap golden rules itu sendiri. Pertama-tama, JKT48 itu adalah sebuah idol group dari Indonesia yang berbasis di Jakarta, Indonesia. JKT48 memiliki teater sendiri untuk melakukan performance dan juga show di setiap hari libur dan weekend. JKT48 berbasis dari 48Group yang juga menaungi group-group 48 lain seperti BNK48, STU48 dan yang paling baru yaitu KLP48. 48Group sendiri merupakan sister group dari AKB48 yang sudah berdiri dari tahun 2008. Kembali ke JKT48, Idol group ini telah terbentuk dari tahun 2011. Hingga sekarang, JKT48 masih aktif dalam dunia entertainment. Dari awal 2011 dimana Generasi 1 diperkenalkan, JKT48 telah mengalami berbagai persoalan jatuh bangun hingga saat ini masih berdiri dengan generasi 12 yang merupakan bagian dari JKT48. Selama 12 tahun berdiri, JKT48 telah membentuk 12 generasi dan juga telah melakukan restrukturisasi di tahun 2021 karena permasalahan COVID-19 yang membuat JKT48 mengalami kesulitan. Semenjak restrukturisasi tersebut, JKT48 yang berubah menjadi JKT48 New Era terus menerus berusaha membangkitkan namanya kembali.

JKT48 adalah idol group yang bergerak dengan dukungan fans. JKT48 dan seluruh 48 Group mengangkat tema idol yang mudah dijangkau dan ditemui dengan berbagai Event seperti event meet and greet, 2 shoot, dan juga handshake. Dengan event-event ini, para fans dapat bertemu secara langsung dan juga berbincang dengan idol mereka. Namun, JKT48 adalah idol group sehingga semua hal yang membuat JKT48 masih berjalan didapatkan dari antusias para Fans. JKT48 sama seperti idol group lainnya yang bergerak dengan dukungan fans sebagai bahan bakar berjalannya idol group tersebut. Oleh karena itu, untuk menjadi member dari JKT48, dibutuhkan beberapa hal yang harus dipahami seperti keberadaan Golden Rules. Golden Rules JKT48 merupakan peraturan yang harus dipatuhi oleh para member maupun trainee agar dapat menjaga citra mereka sebagai bagian dari JKT48 atau bagian dari idol group. Berikut adalah isi dari Golden Rules JKT48 :

  • Anggota JKT48 dilarang merokok ataupun mengkonsumsi minum-minuman keras
    • Aturan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan anggota para member dan juga untuk menjaga citra para member dimata para fans JKT48. Dengan adanya aturan ini, member  JKT48 juga diharapkan dapat menjadi contoh baik untuk para fans JKT48.
  • Anggota JKT48 dilarang menggunakan pakaian mencolok dan bermake-up tebal.
    • Aturan ini bertujuan untuk memperhatikan penampilan dari para member agar terlihat sopan dan tidak berlebihan dimata umum dan juga para fans.
  • Anggota JKT48 dilarang pergi ke area-area diskotik seperti klub malam selama masih masa kontrak dengan JKT48
    • Aturan ini bertujuan untuk menjaga citra para member yang menjadi idola dari para fans JKT48.
  • Anggota JKT48 dilarang mengabaikan pendidikan
    • Dengan padatnya jadwal JKT48, member dari JKT48 tidak diperbolehkan untuk mengabaikan pendidikan dan tetap diwajibkan menjalani pendidikan dengan serius. Para member diminta untuk terus menjaga keseimbangan antara karir sebagai idol dan juga sebagai pelajar.
  • Anggota JKT48 dilarang untuk berinteraksi dengan para Fans di media sosial
    • Aturan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman antara member dan juga fans di media sosial.
  • Anggota JKT48 dilarang membubuhkan tanda tangan di sembarang tempat
    • JKT48 merupakan idol group yang berjalan karena dukungan para fans. Oleh karena itu, segala hal seperti tanda tangan dan foto dengan member dibuat menjadi tetap eksklusif untuk beberapa event yang diselenggarakan oleh pihak JKT48.
  • Anggota JKT48 dilarang berpergian tanpa didampingi oleh wali
    • Sebagai entertainer, Member JKT48 akan dikenal oleh banyak orang. Untuk menjaga dan juga mencegah para member dari hal yang berbahaya, aturan ini dibuat. Aturan ini bertujuan agar keselamatan para member lebih terjaga.
  • Anggota JKT48 dilarang memiliki pacar
    • Aturan ini bertujuan untuk menjaga citra seorang idol agar terbebas dari skandal asmara yang dapat membuat kegaduhan di antara para penggemar JKT48.

Barusan adalah isi dari Golden Rules JKT48. Seperti namanya, Golden Rules JKT48 bertujuan sebagai aturan yang dibuat untuk menjaga kenyamanan para member dan juga fans JKT48. Namun, di bulan Mei 2024 terjadi kegaduhan dimana ada 4 member dari JKT48 yang melanggar salah satu aturan dari Golden Rules. Member-member tersebut adalah Amanda, Callie, Indira dan juga Jeane. Amanda, Callie dan Indira dikenakan sanksi penangguhan dari Kegiatan JKT48 dan juga media sosial karena telah melanggar aturan golden rules namun mau bersikap kooperatif dengan JKT Operational Team (JOT) untuk menyelesaikan masalah yang beredar di sosial media. Namun, untuk kasus Jeane, ada beberapa hal yang berbeda. Dapat dilihat di https://jkt48.com/news/detail/id/1795?lang=id dimana pada 22 Mei 2024, Jeane Victoria Trainee dari Generasi 11 resmi dikeluarkan dari JKT48 dan segala kegiatannya tidak ada hubungannya dengan JKT48. Jeane telah melanggar golden rules dan meramaikan sosial media karena berbagai bukti yang dilontarkan oleh beberapa akun di media sosial. Bukti-bukti inilah yang menjadi permasalahan yang akhirnya memaksa pihak JOT untuk melakukan penyelidikan dan juga pendekatan dengan member yang bersangkutan. Namun, menurut pernyataan resmi dari JKT48, Jeane Victoria sendiri tidak memiliki sifat kooperatif dengan pihak JOT dan juga tidak memberikan jawaban yang berkesesuaian dengan fakta yang ada kepada pihak JOT. Sehingga, pihak JOT tidak dapat memberikan kesempatan kedua kepada Jeane dan mengeluarkan Jeane dari posisi trainee generasi 11 JKT48.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline