Lihat ke Halaman Asli

KKN Untag Surabaya: Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Pupuk Kompos dengan Komposter

Diperbarui: 4 Juni 2023   15:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Mahasiswa Untag Surabaya

Kegiatan kuliah kerja nyata ini dilaksanakan di desa Kalipecaben, Kecamatan Candi Sidoarjo. Desa Kalipecabean merupakan desa yang cukup maju dengan kondisi desa yang layak huni. Desa Kalipecabean terkenal dengan banyak tambak ikan, dan juga  beberapa UMKM berkembang seperti Pabrik Tahu, Konveksi dll.

Kuliah Kerja Nyata merupakan pegabdian bagi masyarakat, yang mengharuskan mahasiswa untuk terlibat langsung. Kegiatan KKN diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan berbagai pengalaman belajar dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kesadaran hidup bermasyarakat. kehadiran mahasiswa diharapkan dapat membawa motivasi dan inovasi dalam pembangunan. KKN adalah pendidikan yang memberi siswa pengalaman belajar dalam lingkungan masyarakat di mana mereka dapat mengidentifikasi dan mengelola sendiri isu-isu pembangunan. Dalam pelaksanaannya, program KKN mengedepankan penguatan sumber daya manusia dalam proses pembangunan yaitu. melibatkan mahasiswa dan masyarakat dalam interaksi dan komunikasi sehingga mahasiswa dapat menghubungkan konsep akademik dengan realitas kehidupan sosial.

Sehubungan dengan itu, Untag Surabaya menyelenggarakan program KKN Tahun 2023 dengan tema "Penguatan Ikon Kampung Berbasis Potensi Lokal" dengan tujuan Desa Kalipecabean mengembangkan potensi desa yang ada. Selain itu, program pelatihan dan pendampingan pembuatan pupuk kompos, dimaksudkan untuk menjadi contoh bagi daerah lain di mana daur ulang sampah dapat digunakan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan ini dilakukan di Kalipecabean yang berbasis di Sidoarjo memiliki gagasan untuk menjadikan daerah tersebut sebagai desa dengan potensi lokal. Desa Kalipecabean sendiri secara administratif terdaftar di Kecamatan Candi dan memiliki 53 RT dan 7 RW dengan jumlah penduduk 8.628 Kepala Keluarga (KK). Berdasarkan survei lapangan yang dilakukan tim KKN Desa Kalipecabean, sebagian besar penduduk setempat berprofesi sebagai pekerja swasta, petani, nelayan, dan pedagang UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). dalam kegiatannya, mahasiswa memberikan pengetahuan tentang pembuatan pupuk kompos dengan komposter bagi warga.

Dan berikan petunjuk bagaimana menyelesaikan dan menangani masalah yang berkaitan dengan daur ulang sampah. Selain itu, pengelolaan sampah ini memungkinkan masyarakat untuk mengolah sampah dengan baik dan membantu pembuatan pupuk kompos. Dengan kata lain melalui KKN ini, mahasiswa membantu mengembangkan ide untuk mengatasi sampah yang dihasilkan. Oleh karena itu, diharapkan pelaksanaan kuliah kerja nyata ini dapat mengikuti laju perkembangan yang semakin dinamis untuk meningkatkan sumber daya manusia baik mahasiswa maupun masyarakat dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sebagai suatu kegiatan yang tujuannya adalah untuk menerapkan pengetahuan yang dimiliki setiap mahasiswa untuk selanjuitnya diterapkan di tengah-tengah masyarakat.

Dok. Pelatihan dan Pedampingan di Perumahan Bumi Cabean Asri Kalipecabean Sidoarjo/Dok pribadi

Kompos adalah proses dari daur ulang sampah Kompos diketahui dapat menyuburkan tanaman dan tidak memerlukan penggunaan bahan kimia. Dengan menggunakan Tanaman dapat tumbuh dengan baik dengan kompos, karena kompos merupakan bahan alami yang tidak mencemari tanah. Daur ulang sampah menjadi kompos memiliki keuntungan ganda pertama, kita dapat mengolah sampah secara efisien. Dan kedua, keuntungan komersial dari pengolahan sampah menjadi kompos cukup tinggi karena kompos memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

"Saya berharap dengan adanya program pelatihan yang diberikan, warga Perumahan Bumi Cabean Asri dapat membangun kampung yang bersih, menarik sehingga dapat merasakan udara yang segar serta sejuk" ujar Andrew. Pelatihan berjalan lancar. warga diharapkan mampu menerapkan pelatihan yang diberikan.

Andrew Manuhutu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kalipecabean, Candi, Sidoarjo, Jawa Timur. dibimbing oleh Doses Moh.Nur Ali Aziz, S.T. MT Kalipecabean pada 28 Mei 2023. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline