Lihat ke Halaman Asli

R. ANDRY DANOESUBROTO

Antivirus Analyts

Perdana Menteri Inggris Ikut Terkena Skandal..

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perdana Menteri Inggris Ikut Terkena Skandal..

Masih menjadi topik pembicaraan hangat media di Inggris, walau hingga saat ini beberapa jajaran eksekutif News Media telah di introgasi dan ditangkap, bahkan seorang anggota kepolisian "senior" dikabarkan telah mengundurkan diri menyangkut kelanjutan kasus penyadapan telepon ini.

Seperti yang penulis lansir dari NYT, ada beberapa pemegang kunci penting dalam skandal News International ini, termasuk dalam daftar NYT adalah sang perdana menteri Inggris sendiri. Mari kita lihat daftar pemegang kunci skandal sebagaimana dilansir oleh NYT.

Pertama adalah Rupert Murdoch sendiri, jelas dia adalah sang big boss media tersebut, lalu ada sang anak yang bernama James Murdoch, dia adalah direktur oeprasi News Corp untuk Eropa, yang cukup menghebohkan adalah nama Andy Coulson, karena trek recordnya adalah mantan Kepala komunikasi untuk partai Konservatif, partai yang menggusung nama David Cameron sebagai perdana menteri Inggris saat ini.

Andy Coulson juga pernah di penjara juga karena skandal penyadapan telepon yang pernah dilakukannya semasa menjadi kepala urusan Media pada kantor Cameron. Lalu kemudian Rebekah Brooks, juga anak Rupert Murdoch, sebagai kepala eksekutif News International sekaligus editor pada The News of The World, yang juga selama kurun dia menjadi editor yakni 2000-2003 itulah, rentang mereka disangkakan melakukan penyadapan, telah ditahan pada tanggal 17 Juli lalu.

Kemudian ada Les Hinton juga berdiri pada jajaran eksekutif di News International, lalu Alex Muranchak, senior dari News of the World yang diduga melakukan intervensi terhadap kasus pembunuhan yang menyeruak lalu, Gres Miskiw seorang assisten editor The News of the World yang namanya ditemukan dalam catatan Glen Mulcaire.

Kemudian Nevile Thurlbeck Ian Edmondson, sebagai kepala reporter dan senior editor pada The News of the World, Clive Goodman, kepala reporter yang membawahi tugas untuk peliputan khusus keluarga kerajaan pada The News of the World, dan pernah dinyatakan bersalah untuk skandal penyadapan telepon di tahun 2007,  Glenn Mulcaire seorang penyidik swasta yang juga pernah menghirup udara penjara karena kasus penyadapan telepon ditahun 2006. Mulcaire ini disewa oleh Clive Goodman untuk melakukan penyadapan terhadap telepon keluarga Kerajaan.

Sedangkan para korban News Internatioanal, selain para petinggi dan jajaran anggota parlemen Inggris, juga terdapat nama Pangeran Harry, yang dilaporkan pernah disadap sewaktu dia menelpon kakaknya Pangeran William untuk pergi kesebuah Klub Striptis, dan masih banyak nama-nama lain yang telah disadap mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline