Lihat ke Halaman Asli

R. ANDRY DANOESUBROTO

Antivirus Analyts

Akhirnya Facebook Menambah Metode Penyembuhan

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Masih ingat mengenai artikel yang penulis buat tentang sulitnya atau permasalahan yang terjadi akibat ketatnya sistem pemulihan account difacebook? iya, dengan artikel yang berjudul "perubahan facebook dapat membuat account anda beristirahat untuk selamanya". Saat ini, sudah ada perubahan yang cukup signifikan dalam melakukan recovery atau pemulihan terhadap account facebook kita apabila terjadi kesalahan seperti terblokir, tidak dapat diakses ataupun sejenisnya. Seiiring banyak jumlah keluhan yang disampaikan pengguna facebook, terutama mereka yang kesulitan dalam melakukan pemulihan account facebook mereka yang terblokir atau tidak dapat diakses baik yang disebabkan oleh kesalahan atau ketidak tahuan si pemilik account sendiri ataupun karena adanya kejahilan orang lain, maka beberapa waktu lalu, Facebook kembali menambahkan fitur keamanannya dalam melakukan pemulihan account.

Setelah sangat sulit ditembus dengan melakukan prosedur "pengenalan TAG Photo" teman kita, dengan hampir semua berkendala apabila jumlah teman sudah mencapai anggka lebih dari 100 orang ditambah dengan kita baru mengenal mereka, atau sebagaimana yang telah penulis tuliskan pada artikel sebelumnya, maka saat ini, ada beberapa opsi pilihan yang akan diberikam pihak Facebook kepada kita dalam melakukan pemulihan account yang terblokir. Pertama tetap pada pengenalan Tag Photo, facebook tetap mempertahankan opsi ini, bila anda merasa yakin dan benar-benar mengenal semua akan tag-tag yang diberikan teman-teman anda. Hampir dipastikan 80 persen pengguna Facebook merasakan kesulitan amat sangat melalui metode ini. Lalu alternatif kedua adalah pemasukan kembali tanggal, bulan serta tahun kelahiran anda sebagaimana yang anda tuliskan pada saat pertama kali masuk keaccount ataupun pada info personal anda.

Dalam metode kedua ini, tingkat kesalahan pengguna Facebook dalam melakukan verifikasi tercatat lebih dari 50 persen. Lho mengapa? timbul pertanyaan, selidik punya selidik, ternyata banyak pengguna facebook menuliskan informasi pribadi mereka adalah palsu, asal-asalan dan sejenisnya, dan sudah itu mereka juga memproteksi agar tidak dapat dilihat oleh orang lain, nah karuan saja, begitu diminta verifikasi kelahiran, maka terjadi kebingunggan. Kemudian, alternatif ketiga adalah verifikasi melalui alamat email, disini tingkat kesalahan para pengguna facebook sangat kecil, tentu saja, karena tidak akan dapat masuk dan meneruskan penggunaan Facebook bila kita tidak mempunyai email yang benar ataupun valid menurut sistem facebook.

Lalu dalam tahap percobaan adalah verifikasi melalui handphone, ini bagi sebenarnnya sudah dijalankan bagi mereka yang mendaftar atau menggunakan facebook versi mobile. Dan tingkat kesalahan juga kecil sama dengan metode email tersebut. Lalu apa yang didapat dari perubahan tersebut? tentu ada dua sisi yang akan didapat pengguna, semakin mudah melakukan verifikasi tentu semakin mudah pula orang iseng dapat melakukan keisengan, walau semakin sulit metode yang dipergunakan akan membuat repot hingga akhirnya akan berdampak kepada loyalitas pengguna account. Inilah dua mata sisi yang ditakutkan oleh para petinggi Facebook, namun saat ini mau tidak mau sepertinya mereka harus mendengar keluhan banyak orang yang pusing dan mumet karena metode penyembuhan pertama tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline