Lihat ke Halaman Asli

R. ANDRY DANOESUBROTO

Antivirus Analyts

Mengenal Profil ID Para Petinggi Facebook..

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Mungkin masih sedikit dari kita yang mengetahui, bahwa didalam sistem facebook, ternyata mempunyai Identitas-identitas tertentu dan hanya dimiliki oleh mereka para petinggi serta orang-orang dilingkungan keraton istana Facebook saja. Dalam beberapa waktu ini, penulis mencoba-coba sedikit mengutak-atik alamat url facebook, dan menemukan Identitas khusus para petinggi-petinggi Facebook, pun termasuk deretan anggota-anggota senior dalam keanggotaan mereka di Facebook.

Mungkin ini, bukanlah penemuan penulis, kemungkinan saja, sudah ada banyak yang mengetahuinya, baik urutan ataupun siapa pemegang Profil Identitas (PID) milik Facebook ini. Selain petinggi Facebook, penulis juga akan memberikan beberapa PID para senior kita di Facebook. Walau begitu, PID ini, tidaklah berurut secara numberik, namun random atau acak. Misalkan saja, PID No. 01, tidak ada yang memilikinya, bahkan Foundernya sendiripun Mark Zuckerberg. Padahal dimanapun #1 ini merupakan lambang pemimpin, namun berbeda dengan di Facebook, Zuckerberg menggunakan PID No. 04 sebagai identitas nya  ( http://www.facebook.com/profile.php?id=04).

Dalam aturan mereka, Chris Hughes memiliki nomor PID 05,  Dustin Moskovitz memiliki  PID dengan angka 06,  Arie Hasit memiliki no ID 07,  Soleio memiliki no PID 11, Marcel Georgés Laverdet memiliki nomor 10, Chris Putnam pemegang PID bernomor 13. Sebagai informasi, PID yang bernomor kecil, unik, menarik dan antik, hampir sebagian besar dimiliki oleh mereka alumnus, dan para mahasiswi/wa harvard, karena sebagaimana kita ketahui, bahwa memang asal muasal Facebook adalah jaringannya berawal dari Harvard serta lainnya adalah teman-teman dekat mereka.

Namun PID no. 20-25 tidak ada yang memiliki, atau memang sengaja dibiarkan kosong. Untuk para senior Facebook, seperti Jennifer Balakrishnan pemegang keanggotaan bernomor 71,Candace Mitchell = 99, http://www.facebook.com/profile.php?id=100  dipegang Andy Brunner,  sedang di http://www.facebook.com/profile.php?id=333  milik John Haddock, William Lee Adams adalah pemilik PID  222, Becky Wald dengan ID 456, PID 666 milik Xi Wang, Peter Saldarriaga PID nomor 999, Dave Alpert PID 4141, Kristin Hicks mempunyai PID 5000 dan seterusnya hingga jumlahnya mencapai sepuluh hingga 12 digit dan beberapa negara yang menggunakan karakter tertentu, seperti eropa timur, arab dan lainnya ada sebagian yang menggunakan huruf diawal angka PID mereka. Namun, sekali lagi, PID itu tidak dapat diurutkan, mereka mempunyai keistimewaan sendiri dan karakteristik yang diberikan sistem kepada para pengguna facebook.

Selain untuk mempercepat akses,PID ini juga berguna untuk mengamankan account kita, walau banyak PID yang tetap tidak dipergunakan, seperti halnya PID 1 dan lainnya. Mengapa?, hanya mereka di sistem Facebook yang mengetahui dan memahami benar. Lainnya, dan analis pun hanya dapat mereka-reka saja, mengapa dan bagaimana. Walau kita telah mengganti PID tersebut dengan nama kita, misalkan http://www.facebook.com/pitung, namun tetap memiliki PID yang telah tercatat dalam sistem Facebook. Untuk sebagian orang di Indonesia, kebanyakan dari kita memang PID dalam jumlah digit 10 angka dan dalam bentuk angka yang telah teracak, dalam artian sulit untuk dihafal, tidak seperti, misalkan PID 1234567890, atau PID 987654321.

Bahkan beberapa orang dekat Facebook, menggunakan PID dengan nomor telepon seluler mereka, ataupun nomor-nomor kesukaan mereka. Nah, ternyata, bukan saja, nomor telepon atau plat nomor kendaraan yang dapat kita atur, Profil Identitity dalam Facebookpun dapat kita atur dengan catatan, kita haruslah mengenal orang-orang dekat dengan sistem Facebook, atau minimal kita merupakan Generasi pertama dari keanggotaan Facebook. Wah,..luar biasa yaa, eh, tahukah anda berapa PID Facebook milik anda?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline