GAZOO RACING (GR) telah mempunyai tempat spesial di hati para penggemar otomotif dan Motorsport. Berawal dari kiprah Team Gazoo Racing di perhelatan 24 Hours Nurburgring pada tahun 2007, Toyota terus mengembangkan Divisi Balapnya tersebut melalui mobil-mobil andalan mereka; FT86 dan Lexus LF-A.
Hingga makin dikenal publik melalui berbagai racing event seperti salah satunya "Toyota Gazoo Racing Festival" di tahun 2009. Hingga resmi di 2015, GR menjadi Divisi Balap Toyota dan Lexus dan fokus di Rally dan Balap Ketahanan Nurburgring.
GR membawa DNA Balap Toyota dan telah menorehkan berbagai prestasi sebagai Team Papan atas yang bertarung di berbagai ajang Motorsport kelas premier. Yaitu juara klasemen Pembalap dan Kontruktor pada kelas LMP1 dan Hypercar di Balap Ketahanan; World Endurance Championship (WEC) sejak 2018.
Sementara di ajang World Rally Championship (WRC), Team GR WRT telah Juara selama di 2018, 2021 dan 2022 dengan Yaris GR. Dan Juara overall di Rally terganas, yaitu Dakar Rally 2022 dengan Hi-Lux GR Dakar di kelas T1.
"Tujuan utamanya tidak hanya untuk menguatkan skill dan insting dalam menghadirkan ever-better cars, namun juga untuk membuat semua orang di dunia dapat merasakan excitement yang mereka dapatkan dari ajang motorsport dunia," sesuai penjelasan Susumu Matsuda, President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) yang dikutip dari toyota.astra.co.id.
Pak Matsuda dan TAM memperkenalkan Team TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di tahun 2021 lalu dan harapannya agar TGRI berperan aktif dalam pengembangan Motorsport di Indonesia khususnya, dan yang terutama mewujudkan Joy of GAZOO Racing bagi masyarakat Indonesia.
Pada tahun 2022 ini TGRI berpartisipasi dalam berbagai ajang Balap di Indonesia, yaitu Touring Car ISSOM, Slalom, Sprint Rally dan tidak ketinggalan; kompetisi e-motorsport TOYOTA GAZOO Racing GT Cup 2022.