Lihat ke Halaman Asli

andrizal

menjadi lebih Baik

110 Tahun Semen Padang Membangun Negeri

Diperbarui: 17 Februari 2020   20:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Tahun 2020 ini,  menjadikan  PT Semen Padang  berusia 110 tahun. Ini merupakan  usia yang bisa di kategorikan sangat matang dan  hingga hari ini masih bisa bertahan dengan segala permasalahan yang di alamminya  namun PT Semen Padang  masih bisa bertahan dan malah bisa bersaing dengan PT Semen lainya. PT Semen Padang yang terletak di Sumatera Barat ini  yang lebih tepatnya di Indarung kota Padang, merupakan sebuah Perusahaan  kebanggaan orang Minang. Selain itu PT Semen Padang   terlahir sebagai perusahaan tertua di Indonesia. PT Semen Padang   didirikan oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tanggal 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlansch Indishe Poortland Cement Maatschappij (NV NIPCM).  Pada tanggal 5 juli setelah Indonesia Merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945  perusahaan ini dinasionalisasi oleh Pemerintah Indonesia dan  Sejak dinasionalisasi PT Semen Padang terus berkembang baik dalam hal produksi maupun dalam pengembangan usaha dibidang lain.

PT Semen Padang sesuai dengan motonya "kami Telah berbuat sebelum yang lain memikirkan" sampai saat ini mempunyai beberapa buah koperasi dan Anak Perusahaan serta Lembaga Penunjang lainya dan juga mempunyai program  kepedulian pengembangan usaha kecil, kepadulian terhadap lingkugan hidup, dan kepedulian pengembangan SDM. Dan tidak rahasia lagi  bahwa Karyawan-karyawan   PT Semen Padang atau karyawan-karyawan anak PT Semen Padang atauh yang berhubungan dengan PT Semen Padang akan merasakan kehidupan yang lebih baik dan layak dari segi  ekonomi atau segi lainya. Sehingga tidak heran bahwa PT Semen Padang salah satu Perusahann favorit ini terbukti  ketika PT Semen Padang membuka lowongan lapangan  kerja untuk penambahan karyawan baru,  maka ribuan pencaker akan berbondong-bondong mengantarkan lamaranya ke panitia seleksi penerimaan karyawan baru di PT Semen Padang, begitu luar biasanya daya tarik PT Semen Padang .  

Namun di sisilain dengan usia PT Semen Padang yang sudah matang ini, dengan segala keberhasilannya dan kesuksesanya untuk mensejahterakan karyawan dan lingkungan sekitarnya,  dalam usianya yang ke 110 ini tentunya masyarakat Sumatera Barat ingin menunggu program -- program PT Semen Padang yang membawa dapak yang luar biasa yang bisa dirasakan oleh masyarakat sumatera barat,  tidak hanya karyawan dan masyarakat sekitar PT Semen Padang saja. Sangat lah wajar kiranya dengan usianya yang sudah matang ini keberhasilan PT Semen Padang bukan saja di rasakan oleh karyawan  dan lingkungan sekitarnya  tapi juga dan masyarakat Sumatera Barat. Semen Padang Hospital contohnya dengan segala kemewahan yang di seguhi oleh rumah sakit tersebut apakah semua lapisan masyarakat bisa menikmatinya ?. jadi yang kita maksudkan adalah dengan usia PT Semen Padang yang telah mencapai 110 tahun tentunya diharafkan  oleh masyarakt sumatera barat sebuah program yang bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Sumatera Barat, bukan hanya karyawan atau masyarakat sekitar atau orang-orang tertentu saja. Karna ini sangat penting, PT Semen Padang sebagai perusahan Nasional yang berada di sumatera barat harus menjadikan masyarakatnya Sumatera Barat hidup layak dan sejahtera. Kenapa harus masyarakat Sumatera Barat, karna kalua kita telaah bahan mentah yang digunakan dalam pembuatan semen adalah batu kapur, batu silika, tanah liat dan pasir besi. Dari total kebutuhan bahan mentah, batu kapur yang depositnya terdapat di bukit karang putih ( 2 km dari pabrik) digunakan sebanyak 81 %. Batu silika yang depositnya berasal dari bukit ngalau ( 1,5 km dari pabrik) digunakan sebanyak 9 % dan tanah liat diperoleh disekitar Kecamatan Kuranji, Kota Padang digunakan sejumlah 9%. Sedangkan kebutuhan pasir besi 1 % didatangkan dari Cilacap. Pada penggilingan akhir ditambahkan gypsum 3-5 % yang didatangkan dari Thailand. Gypsum alam dan gypsum sintetis dari PT Petro Kimia Gresik.

Ini memberitahukan kepada kita bahwa 81 % bahan mentah semen padang itu berasal dari tanah Sumatera Barat yaitu Bukit Ngalau dan Kuranji kota padang dan kota padang itu berada di sumatera barat, sehingga wajar dalam usia PT Semen Padang yang ke 110 ini harus bisa membuat sebuah terobosan yang bisa di nikmati oleh seluruh warga masyarakat Sematera Barat bukan hanya karyawan dan lingkugan sekitar saja.

PT Semen Padang total kapasitas produksinya adalah lebih kurang  8.900.000 ton / tahun dan sekrang menginjak  usia yang ke  110, tentu saja diharapkan berpartisipasi secara aktif untuk membimbing dan membantu pengusaha ekonomi lemah dalam wujud koperasi dan masyarakat Sumatera Barat  secara menyeluruh dan  mengelola serta menata kebijakan perekonomian masyarakat minang kabau, selain itu PT semen Padang sebagai perusahaan Nasional  yang menyediakan layanan untuk masyarakat, pelopor bagi banyak sector ekonomi yang belum diminati swasta dan juga  menyediakan barang serta jasa untuk memenuhi kebutuhan orang banyak serta menyediakan  produk-produk yang bernilai ekonomis.  Dan mulai merancang sebuah program untuk mensejahterakan masyarakat minang kabau bukan hanya mensejahterakan orang orang tertentu saja, atau hanya karyawan saja atau hanya lingkungan sekitar saja, atau hanya anak perusahaan PT Semen Padang saja, tapi seluruh masyarakat minang kabau atau seluruh masyarakat Sumatera Barat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline