Lihat ke Halaman Asli

Dampak Besar Dalam Perekonomian Daerah Kediri dan Sekitarnya dengan di Bangun Bandara Internasional Dhoho Kediri

Diperbarui: 8 Mei 2023   00:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bandara adalah tempat pesawat lepas landas, hal itu tentunya memudahkan kita untuk melakukan perjalanan jauh baik itu antar kota, antar provinsi, maupun antar negara.

Kehadiran bandara itu sendiri tidak lain dan tidak bukan karena kemampuan manusia untuk menciptakan teknologi penerbangan, penerbangan adalah suatu cara yang terbilang jitu untuk mengatasi permasalahan waktu dengan singkat.

Akan tetapi bagaimana nasib para manusia yang berasal dari pelosok daerah?

Hal itu menjadi pertanyaan yang cukup menarik, terlebih letak bandar udara saat ini hanya ada di kota-kota besar terutama di Jawa timur hanya ada dua bandar udara yaitu berada di kota pahlawan Surabaya dan juga kota Malang.


Maka dari itu pemerintah sudah merancang untuk membangun bandara di daerah barat provinsi Jawa Timur, untuk memudahkan masyarakat yang berada di daerah tersebut supaya tidak terlampau jauh tepatnya di Kediri.

Masyarakat karisidenan Kediri sangat jauh untuk menuju ke bandara sebelumnya hal itu dikarenakan letak wilayah Malang maupun Surabaya sangat jauh dari sana.

Pemerintah berharap dengan terbangunnya bandara Dhoho Kediri ini dapat mempermudah masyarakat karisidenan Kediri dan sekitarnya untuk berpergian jarak jauh dengan menggunakan pesawat

Tidak hanya itu ternyata hal itu juga akan berdampak pada ekonomi lho!

Bagaimana tidak? Pembangunan Bandara Internasional Dhoho Kediri ini merupakan salah satu upaya pembangunan ekonomi dan bisnis multinasional melalui metode MP3EI (Masterplan, Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia).

Kementerian Perhubungan dan Pemerintah daerah telah bekerja sama untuk berhasil membangun Bandara Internasional Dhoho Kediri. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat konektivitas antar daerah untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, meningkatkan sirkulasi bisnis dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Apa saja sih dampaknya untuk perekonomian daerah?

Berikut 3 dampak pembangunan bandara Internasional Dhoho Kediri 

1. Perubahan Pendapatan Rumah Tangga

2. Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

3. Meningkatkan Potensi Pariwisata Bisnis Hotel dan Restoran

Dengan adanya pembangunan Bandara Internasional Dhoho Kediri membuat masyarakat sekitar Desa Tiron mengalami peningkatan pendapatan rumah tangga karena mereka visa mendapatkan pekerjaan baru dengan penghasilan yang lebih tinggi daripada bekerja di tempat lain. Peluang besar tentunya dengan di bangun nya Bandara tersebut karena memungkinkan warga yang aktif dan kreatif dalam memanfaatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru dan membuka usaha baru berdampak besar pada peningkatan pendapatan mereka. Pemerintah daerah dan masyarakat otomatis akan mengelola sumber daya yang ada dan membentuk model kemitraan antara pemerintah daerah dan swasta untuk menciptakan lapangan kerja baru dan merangsang pembangunan ekonomi di daerah. Oleh karena itu, bersamaan dengan dibangunnya Bandara Internasional Dhoho Kediri, beberapa tempat wisata baru di Kabupaten Kediri muncul untuk menarik wisatawan domestik msupun asing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline