Lihat ke Halaman Asli

Pengertian dari Software dan Hardware

Diperbarui: 4 November 2023   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Mungkin banyak dari kalian sudah mengetahui apa itu software dan hardware. Simpelnya aja software perangkat lunak dan hardware itu sebaliknya yaitu perangkat keras. Dan jika ingin lebih tau gampangnya adalah perangkat keras adalah perangkat fisik yang dapat disentuh. sedangkan perangkat lunak adalah seperti sistem program yang dijalankan oleh perangkat keras seperti OS, dan perangkat lunak yang sering digunakan misal seperti microsoft office, microsoft edge, dan lain sebagainya. Tanpa adanya perangkat lunak, perangkat keras tidak akan berfungsi jika tanpa software.

Hardware atau perangkat keras

seperti yang dijelaskan hardware adalah perangkat keras yang dapat disentuh atau perangkat fisik. Lalu perangkat keras dibagi menjadi 4 bagian yaitu Input, Output, Processing, dan Storage. Dan berikut adalah contoh-contohnya:

  • contoh dari output sendiri yaitu seperti speaker, monitor, headset, dan lainnya.
  • contoh dari input yaitu mouse, joystick, keyboard, dan lainnya.
  • contoh dari Storage seperti flashdisk, hardisk, dan SSD.
  • contoh dari processing yaitu Processor, VGA, RAM, power supply.

Software atau perangkat lunak

Software atau perangkat lunak sama dengan yang dijelaskan sebelumnya yaitu program yang dijalankan oleh perangkat keras. Tanpa adanya si software, hardware tidak dapat digunakan dengan semestinya. Dan software memiliki 3 bagian yaitu Operating System, Lalu ada perangkat lunak aplikasi, dan perangkat lunak Pemrograman. berikut adalah contoh dari beberapa bagian dari software:

  • Operating system

operating system adalah sistem operasi yang memiliki sekumpulan program untuk mengontrol dan mengatur hardware juga menjalankan software atau aplikasi dalam sistem laptop atau komputer. Contohnya adalah windows yang kebanyakan orang gunakan, lalu linux, dan lainnya.

  • Perangkat lunak aplikasi

Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang dimana dijalankan di sistem operasi. Aplikasi juga perangkat lunak untuk komputer yang siap digunakan dan juga dikembangkan. Contohnya adalah microsoft office, Photoshop, coreldraw, google chrome, dan lain sebagainya.

  • Perangkat lunak pemrograman

perangkat lunak pemrograman adalah program atau kodingan yang dapat ditulis, dikembangkan, juga dapat di uji coba. contoh dari perangkat lunak pemrograman sendiri adalah C++, PHP, Python, Java, dan lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline