Lihat ke Halaman Asli

Andreas Pisin

Biarpun Gunung-Gunung Beranjak Dan Bukit-Bukit Bergoyang Namun Kasih Setia-Ku Tidak Akan Beranjak Daripadamu

Apangalui Menguap dan Trenggiling

Diperbarui: 17 Desember 2021   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image caption: kompas.com

Pada suatu hari, Apangalui pulang dari ladang. Ia merasa begitu lelah setelah bekerja seharian di ladang. Di tengah perjalanan pulang ia merasa begitu mengantuk, lalu ia menguap. Tidak disangka ketika ia menguap ada suara dari atas pohon "ras..ras..dup" suara benda terjatuh. Apangalui bergegas melihat apa gerangan yang jatuh dari atas pohon. 

Dia lihat ternyata seekor trenggiling jatuh dari atas pohon. Betapa gembiranya Apangalui melihat trenggiling yang begitu besar jatuh pas di hadapannya. Ia mulai memikirkan bumbu apa yang cocok untuk memasak daging trenggiling tersebut. ia sangat senang mengingat betapa senangnya isterinya di rumah melihat suami tercinta membawa lauk pulang.

Saat memasuki kampung Apangalui bertemu Apangsiu. Apangsiu bertanya "hoi Apangalaui dimana kamu dapat trenggiling itu" kata Apangsiu" "oh ini trenggiling kudapat dengan nguap jak" katanya " kamu mau? Ambillah! Tidak sulit kok mendapatkannya paling saya menguap di bawah pohon tengkawang sana sudah dapat." Katanya sombong. 

Mendengar tawaran itu Apangsiu langsung bersedia mengambil trenggiling itu lalu pulang ke rumahnya. Melihat trenggiling sudah diambil Apangsiu, Apangalui pergi ketempat ia mendapat trenggiling tadi. Setelah sampai di bawah pohon tengkawang ia mulai menguap tetapi tidak ada lagi trenggiling jatuh. Dia coba lagi dan lagi sampai sakit rahangnya tetapi trenggiling yang diharapkan tidak ada jatuh. Akhirnya ia putus asa dan pulang ke rumah dengan tangan kosong dan tidak mendapatkan trenggiling yang ia cari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline