Lihat ke Halaman Asli

Andreas Neke

Pegiat media sosial

Menciptakan Iklim Kerja yang Kondusif

Diperbarui: 31 Agustus 2024   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQwJ07KPThAkhyqDdx0Ds2l9GB5sGcWpF0YEw&s

Iklim tempat kerja merupakan aspek fundamental untuk meningkatkan produktivitas dan lingkungan kerja yang sehat. Indikasinya adalah kepuasan karyawan. Dengannya sangat penting untuk mempertimbangkan, mengevaluasi, dan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan suasana kerja yang kondusif.

Iklim kerja merujuk pada semua faktor yang membentuk lingkungan tempat karyawan bekerja dan yang secara langsung memengaruhi pribadi dan kinerjanya. 

Konsep iklim kerja mengacu pada lingkungan internal suatu perusahaan. Lingkungan yang dibangun akan memengaruhi perilaku mereka. "Semakin baik mereka memandangnya atau merasakannya berdasarkan praktik yang dilakukan, semakin baik pula hasil yang akan dicapai di perusahaan tersebut".

Ketika karyawan diperhatikan, baik dalam perlakuan maupun kondisi, mereka menjadi loyal terhadap organisasi dan bekerja lebih keras untuk menyelesaikan berbagai hal. Sebaliknya, ketika suasana di kantor menjadi pengalaman negatif, hal itu akan memengaruhi motivasi mereka.

Indikasi iklim kerja yang buruk akan tampak dalam beberapa hal seperti rendahnya motivasi kerja, terjadinya konflik,  menurunnya produktivitas, tingkat stres yang tinggi atau ketidaknyamanan emosional, kekecewaan pribadi dan pekerjaan, dan hubungan negatif antara karyawan.

Leonard dan Swap (2005) menjelaskan jika ingin mengembangkan iklim kerja di mana orang bekerja dengan penuh semangat (passion) dan antusias, maka tempat itu bukan saja ditata secara fisik dengan baik sesuai dengan kebutuhan orang-orang yang bekerja di situ. Lebih dari itu menciptakan suasana psikologis yang menggugah hati orang-orang yang bekerja untuk memunculkan seluruh kreativitas yang mereka miliki.

Suasana psikologis ini yang dikenal sebagai iklim kerja. Iklim kerja tidak dapat dirancang atau diciptakan secara berencana. Iklim kerja akan berkembang dengan mengikuti perkembangan suasana psikologis di tempat kerja. Secara umum ada tiga jenis iklim kerja, yaitu:

1. Iklim intelektual

Iklim intelektual adalah suasana  psikologis yang membangkitkan kesediaan dan gairah orang untuk memunculkan dan berbagi gagasan, pengetahuan, informasi, dan pengalaman terbaiknya, serta memadukanya melalui dialog yang berlangsung secara mendalam, terbuka, dan tulus.

Ini berarti ada kesediaan secara terus-menerus untuk membuka diri terhadap semua pemikiran yang ada, tanpa menganggap diri lebih tahu dan lebih pintar dari orang lain. Layaknya selalu membiarkan gelas terbuka untuk memasukkan air ke dalamnya, sehingga terwujudlah kelimpahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline