Lihat ke Halaman Asli

Andrean Maesa darmiz

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Pemikiran Georg Simmel

Diperbarui: 25 September 2022   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada 1 Maret 1858 Georg Simmel dilahirkan di kota Berlin, Jerman. Georg Simmel menuntut ilmu di Universitas Berlin pada tahun 1876 dan memperlajari berbagai cabang ilmu pengetahuan (psikologi, sejarah, filsafat, dan bahasa Italia). 

Georg Simmel juga menjadi salah satu sosiolog yang turut memberikan pemikiran besar dalam perkembangan ilmu sosiologi. Karya ciptaan terbesar dari pemikiran Simmel yang sangat terkenal yaitu adalah "The Philosophy of Money" pada tahun 1900-an dan Simmel meninggal pada tahun 1918.

Teori-teori yang diciptakan oleh Simmel menurut dia adalah aspek relasionis yang menjadi ciri-ciri dari masyarakat, Simmel dikenal sebagai sosiolog yang mempelopori kajian mengenai "ruang sosial", dia menjelaskan mengenai aspek relasionis yang menjadi ciri-ciri dari masyarakat, sosiologi merupakan studi tentang bentuk-bentuk interaksi, namun fokus pada bentuk asosiasi, serta kebudayaan dan uang merupakan produk dari asosiasi.

Uang menurut Simmel merupakan bagian dari relasi interaksi yang ada didalam Masyarakat dan uang menyatukan jarak dengan objek sehingga menciptakan relasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline