Lihat ke Halaman Asli

Cara Saya dalam Manajemen Waktu sebagai Mahasiswa

Diperbarui: 19 Maret 2024   23:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://twitter.com/diorismic/status/1750525581014556739

Kehidupan sebagai seorang mahasiswa sering kali dianggap sebagai salah satu masa paling menarik dalam hidup. Namun, dibalik itu, ada tantangan besar yang dihadapi, yaitu manajemen waktu. Memiliki banyak tugas, ujian, dan bekerja bisa membuat manajemen waktu menjadi hal yang sangat sulit.

Pada fase transisi dari masa remaja menuju masa dewasa muda, seseorang memiliki tuntutan yang harus dipenuhi hingga ia bisa mencapai tujuan dalam dirinya. Mahasiswa diharapkan dapat mengendalikan dirinya dan mulai belajar secara mandiri dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, sehingga dapat memperoleh pengetahuan yang tidak hanya untuk memenuhi keinginan semata.

Mengelola waktu dengan baik merupakan salah satu bentuk kemandirian yang harus diterapkan oleh setiap mahasiswa. Waktu adalah suatu hal yang sangat berharga, saat kita tidak mengatur waktu dengan baik, kita mungkin bisa saja merasa terburu-buru, stress, dan bisa saja kita sebagai mahasiswa merasa kurang tidur karena dikejar oleh tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen. Ini bisa saja berdampak negatif pada kualitas tidur kita. Selain itu manajemen waktu yang baik bisa membantu kita untuk mencapai tujuan akademik dan pribadi. Dengan manajemen waktu yang efektif, kita juga bisa mengatur untuk kapan kita bisa belajar, mengerjakan tugas, dan juga bekerja untuk sebagian mahasiswa yang melakukan part time, tanpa kehilangan fokus pada tujuan akademik yang kita lakukan.

Berikut ini cara saya untuk mengatasi tantangan manajemen waktu yang efektif. Pertama-tama, kita perlu membuat jadwal. Membuat jadwal dapat membantu kita untuk mengalokasikan waktu yang kita butuhkan dalam setiap tugas dan memprioritaskan pekerjaan yang paling penting. Kita juga harus berani untuk mengatakan kata "tidak" pada beberapa aktivitas jika kita merasa terlalu sibuk dengan pekerjaan yang lain. Dan selanjutnya, yang paling penting adalah untuk menghindari penundaan pengerjaan tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen. Penundaan bisa menjadi musuh terbesar pada setiap mahasiswa. Dan yang terakhir, jangan lupa memberikan diri kita untuk istirahat yang cukup.

Dengan mengatur waktu dengan baik, mahasiswa dapat mencapai tujuan akademik tanpa adanya stress berlebihan. Manajemen waktu merupakan kunci kesuksesan dalam kehidupan mahasiswa. Itu dia cara saya dalam me-manajemen waktu dalam aktifitas kuliah dan bekerja.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline