Lihat ke Halaman Asli

Hematlah Air Mulai dari Rumah

Diperbarui: 25 Juni 2015   19:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Mungkin daerah Anda termasuk mudah dalam mendapatkan air bersih. Namun, nyatanya tidak sedikit daerah yang justru kekurangan air bersih, termasuk beberapa wilayah di Ibu Kota Jakarta. Karenanya, tidaklah salah bila kita mulai berhemat air mulai dari rumah. Tentunya, selain menajaga ketersediaa air bersih, kita pun turut menjaga kelestarian lingkungan.

Hemat air dari rumah bisa dimulai melalui kegiatan kecil, semisal menggunakan air pada mesin cuci sesuai jumlah cucian. Lalu mulailah menampung air bekas cucian beras, sayuran di ember untuk menyiram tanaman.

Ditambah lagi, bila pot di bawahnya diberi alas untuk menampung tetesan air dari dalam pot, airnya juga bias dipakai kembali. Di samping itu, sumber air untuk menyiram tanaman juga bisa dihasilkan dari tadahan air hujan.

Kemudian cara lain yang teramat mudah, Anda juga semestinya mengecek keberadaan pipa pengalir air bersih. Apabila terjadi kebocoran, segeralah perbaiki! Lalu, tinggalkan kebiasaan menggosok gigi dengan keran terbuka karena turut menghambur-hamburkan air.

Selain itu, kita juga bisa membuat lubang biopori berdiameter sekitar 10 cm. Lubang ini dapat diisi dengan sampah organik, hingga saat hujan turun, air yang meresap dapat diikat sebagai sumber air tanah yang bersih. Atau, kita juga bisa memasang talang air sebagai penyalur air hujan ke sumur resapan. Bahkan, di luar negeri kini telah ramai dijajakan berbagai alat yang dapat menampung air bekas maupun air hujan, lantas mengurainya menjadi air bersih.

Nah, pada intinya, bila kita bisa memakai sedikit air saja untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, mengapa harus banyak menghamburkan air? Panca

Sumber: PropertyKita




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline