Lihat ke Halaman Asli

Andre Agung

Pelajar SMKN 7 SEMARANG

Megacity NEOM "The Line" Saudi Arabia

Diperbarui: 18 Februari 2023   15:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth



NEOM, Pembangunan megacity NEOM Arab Saudi dengan gedung bernama "The Line" ide dari Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman yang juga penguasa de facto.


Pertama kali diumumkan pada tahun 2017 lalu, namun warga dibuat kaget dengan banyaknya truk yang mondar mandir dan mesin bekerja di tengah gurun pada bulan Oktober tahun 2022 yang diperkirakan akan rampung pada tahun 2045.
Mega proyek "The Line" sempat diragukan banyak orang bahwa ini hanyalah khayalan belaka namun terdapat bukti jejak garis pada google maps sepanjang 170 km yang akan dibangun kota bebas karbon ini.

NEOM, biaya pembangunan proyek sendiri diperkirakan mencapai Rp 7,54 Kuadriliun, Arab Saudi juga melakukan penawaran umum perdana untuk menarik calon investor serta membangun dalam sisi keuangan.


Struktur gedung pencakar langit dengan material kaca setinggi 500 meter yang membentang sekitar 170 kilometer dan memiliki lebar sekitar 200 meter. Ini akan menjadi kota pertama kali di dunia tanpa adanya mobil yang ditenagai oleh energi terbarukan, termasuk tenaga angin, matahari, dan tidak bergantung pada batu bara untuk keberlangsungan hidup yang aman.

Penghuni "The Line" hidup dalam masyarakat yang saling terhubung dengan kecerdasan buatan yang dirancang untuk hidup berdampingan dengan alam. Pengembangan futuristik akan mengutamakan walkability, energi bersih dan teknologi untuk menciptakan cara hidup baru.

kontroversi terjadi karena masyarakat merasa megacity NEOM akan menggusur rumah suku Howeitat yang mencapai 20.000 anggota suku. Banyak ahli mempertanyakan sumber energi yang dikatakan keperluan warganya akan terpenuhi namun belum ada jawaban pasti dari pihak Arab Saudi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline