Lihat ke Halaman Asli

Kenapa Harus Bahasa Indonesia?

Diperbarui: 5 Desember 2016   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

KENAPA HARUS BAHASA INDONESIA?

Pendidikan merupakan pilar utama pada zaman sekarang. Untuk tercapainya pilar tersebut maka dibutuhkan adanya faktor penunjang yaitu pembelajaran yang bermutu. Dalam pencapaian pilar tersebut merupakan proses dari pembelajaran. Begitu banyak mata pelajaran yang kita pelajari di sekolah, salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah Bahasa ibu kita dan Bahasa Indonesia merupakan identitas kita sebagai pelajar di Indonesia, karena itu Bahasa Indonesia terdapat di kurikulum kita.

Kedudukan Bahasa Indonesia di bangsa dan negara sangatlah penting karena Bahasa Indonesia merupakan Bahasa resmi negara. Fungsi dari Bahasa Indonesia adalah pemersatu antar individu yang memiliki latar belakang yang berbeda, sosial dan budaya. Bahasa Indonesia dapat mempersatukan kita dari ketidakakuran tersebut. Di dalam pendidikan,  tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia  bukan hanya syarat siswa lulus dalam melaksanakan Ujian Nasional, melainkan mereka harus mampu menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut dengan baik dan benar, mampu berkomunikasi dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman antar individu.

Kita sebagai generasi muda penerus bangsa hendaknya mempelajari bahasa Indonesia dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan mutu berbahasa kita. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa seharusnya bangga punya Bahasa dan bangga dengan Bahasa nasional yang kita miliki. Maka dari itu, mulai dari sekarang marilah kita menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan ikut berperan aktif dalam membanggakan banga Indonesia. Mari banggakan Indonesia!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline