Lihat ke Halaman Asli

Andre Wijaya

Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Ikan Kaleng : Makanan Pilihan pada Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 17 November 2020   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Produk Ikan Kaleng | dokpri

Oleh: Andre Wijaya(1) dan Junianto(2)

1).  Mahasiswa Program Studi Perikanan UNPAD

2).  Staff Dosen Program Studi Perikanan UNPAD

Saat ini di masa pandemi, salah satu produk olahan hasil perikanan yang digemari masyarakat adalah ikan kaleng.  Hal terlihat dari permintaan masyarakat yang terus meningkat sejak bulan Febuari 2020; saat itu adalah awal masa pandemic covid 19 di Indonesia.  Terdapat dua jenis bahan baku dalam dalam produk ini, yaitu bahan utama (Ikan) dan bahan tambahan (pasta saus tomat). 

Jenis ikan yang dapat digunakan sebagai bahan utama salah satunya ikan sarden.  Ikan Sarden memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu kandungan penting dalam ikan ini adalah EPA (Eicosapentanoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid) yang bermanfaat mencegah penumpukan kolesterol jahat didalam tubuh.

Proses produksi ikan kaleng berdasarkan SNI 01-2712.2-1992 terdiri dari tahapan sebagai berikut: penerimaan bahan baku, penyiangan, pemasakan awal (precooking), pencucian awal, pengisian bahan baku, pengisian medium pengalengan, penutupan kaleng (seaming), sterilisasi, pencucian akhir, inkubasi dan pemberian label.  

Suatu komoditi yang mengalami proses pengolahan, pengangkutan, dan penyimpanan dalam suatu proses produksi tentunya akan menimbulkan pertambahan nilai pada produk yang dihasilkan. Berdasarkan penelitian Talumesang et al. (2020) dinyatakan bahwa ada peningkatan nilai tambah dalam kisaran 21-40% dalam pengolahan ikan kaleng ini.

Selama pandemi Covid-19 tentunya terjadi perubahan perilaku konsumen khususnya terhadap produk pangan, yaitu konsumen cenderung menjadi membeli produk yang mengutamakan kesehatan. 

Akibat dari pandemi Covid-19, daya beli masyarakat mengalami penurunan, dimana terdapat kekhawatiran apabila produk pangan tidak menerapkan prinsip higienis. Ikann kaleng menjadi salah satu produk alternatif dengan nilai gizi yang mampu menjaga daya tahan tubuh karena kandungan omega-3, yaitu EPA dan DHA serta memberikan kemudahan pada konsumen, yaitu pengolahannya yang mudah dan cepat.

Segmentasi produk merupakan hal penting dalam persaingan pasar yang kompetitif. Segmentasi pasar pada produk ikan kaleng ini dapat dilihat dari segi psikografis, geografis dan demografis. Segi psikografis sasaran produk ini adalah masyarakat yang menyukai produk olahan hasil perikanan dan memiliki gaya hidup sehat. Segi geografis sasaran produk ini adalah masyarakat umum yang berada diperkotaan, sedangkan dari segi demografis produk ini menyasar pada pekerja perkantoran khususnya wanita karir (woman carrier).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline