Lihat ke Halaman Asli

Andre Jayaprana

TERVERIFIKASI

write and share

Memotret Bunglon Taman

Diperbarui: 7 Juli 2016   19:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Calotes versicolor (bunglon taman), dokpri

Pertamanya, saya mau memberi informasi dulu jika artikel ini bukan jenis artikel yang membahas tentang fotografi atau tips memotret hewan. Namun kadang-kadang ada momen yang menarik di sekitar saya yang tak diduga sekaligus menarik untuk diabadikan hanya dengan kamera smartphone yang berada dalam jangkauan tangan.

Di halaman rumah tempat orang tua saya bermukim (kawasan Ciangsana, Kab. Bogor) memang ada kebun/taman kecil. Satu jenis reptil yang kerap saya jumpai di tumbuhan semak atau pohon berukuran sedang yang tumbuh di halaman itu memang adalah bunglon. Tapi kemarin itu, kebetulan sekali momennya pas dengan smartphone yang mudah saya raih, sehingga memotret bunglon taman cukup menjadi inspirasi menulis kali ini.

Biasanya saya sering melihat yang berwarna hijau dan berjumbai. Jenis yang biasa saya lihat itu kalau membandingkan dengan hasil searching di google dikenal dengan nama kerennya Bronchocela jubata. Nah, kalau menurut hasil searching di google juga, maka jenis yang saya baru potret itu adalah Calotes versicolor atau bunglon taman. Jenis bunglon taman ini memangsa serangga sebagai makanannya.

Calotes versicolor yang saya potret ini panjang tubuhnya (tidak termasuk ekor), saya perkirakan sekitar 20 cm. dokpri


Yang kedua, munculnya kepala bunglon dari balik sisa pelepah pohon sawit dan seterusnya mengundang minat saya untuk memotretnya itu mengingatkan saya akan sosok tokoh yang akan muncul dalam film Star Trek Beyond yang sedang saya tunggu rilisnya pada tanggal 20 Juli 2016 mendatang: Villain Krall.

Jadi mari saya perkenalkan ini Calotes versicolor yang sedang celingak-celinguk mengintip saya dari balik pelepah sawit.

Begini awalnya bertemu reptil ini. dokpri

Dan ini si Mr.Krall,a ruthless alien military commander.

Villain Krall,sumber: www.treknews.net

Selamat berlibur!



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline