Lihat ke Halaman Asli

Andre Jayaprana

TERVERIFIKASI

write and share

Street Food Thailand : Pad Thai

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14304615551286240296

Salah satu program di saluran TV TLC beberapa hari lalu, kebetulan membahas banyak tentang wisata kuliner di Thailand, tidak kurang dari Luke Nguyen, Chef yang terkenal itu serta Samantha Brown, TV Host terkenal yang memang spesialis di bidang travel berturut-turut muncul dalam program “now boarding: thailand”.

[caption id="attachment_363818" align="aligncenter" width="600" caption="dokpri - Samantha Brown dan Pad Thai"][/caption]

Dalam program yang tayang saat itu, Luke Nguyen mengunjungi Chiang Mai. Chiang Mai adalah kota terbesar kedua di Thailand dan berlokasi di bagian utara wilayah Thailand. Yang menarik dari tayangan waktu itu adalah ketika malam tiba dan pasar malam yang menjajakan makanan lokal mulai digelar dan ramai. Tentu saja makanan lokal Chiang Mai yang eksotis dan tidak ketinggalan dengan berbagai jenis serangga yang kaya protein dan telah diolah menjadi makanan ringan yang lezat. Ada yang pernah coba ?

Thailand memang memiliki wilayah yang luas dengan kekayaan kuliner yang beragam mulai dari wilayah utara seperti Chiang Mai hingga ke selatan yang berbatasan dengan Malaysia. Masakan Thailand sangat terkenal karena cita rasanya yang khas dan segar. Hal ini terutama karena masakan Thailand sangat menonjolkan penggunaan bumbu masakan yang langsung diolah dari bahan-bahan segar daripada bumbu masakan yang sudah dikeringkan.

Bagi wisatawan pencinta kuliner yang berkunjung ke Thailandmemang mudah memuaskan selera, khususnya bila sudah bicara tentang “street food” Thailand. Pad Thai adalah salah satunya. Kebetulan pada program yang tayang malam itu, Samantha Brown sempat mencoba sendiri memasak Pad Thai yang akan dinikmatinya. Hasilnya: memang terbukti lezat menurut Samantha yang memuji masakannya sendiri. Salah satu kunci lezatnya ternyata adalah dari kecap khusus yang digunakan bersama bumbu lainnya. Lihat ini Pad Thai yang menggiurkan itu.

[caption id="attachment_363819" align="aligncenter" width="600" caption="en.wikipedia.org/wiki/Pad_Thai"]

14304616362005225375

[/caption]

Pad Thai itu kurang lebih sama dengan Kwetiau yang kita kenal. Sama-sama terbuat dari tepung beras. Tapi Kwetiau cenderung lebih lebar dan tipis. Kalau siang hari begini perut keroncongan dan ketemu seporsi Pad Thai, pasti dalam sekejap akan habis disikat.

Jika di Thai Alley Jakarta memang menyajikan menu masakan Thailand yang serba menggiurkan itu, boleh juga dicoba. Toh, tidak perlu jauh-jauh ke Thailand. Makan siang di Pacific Place, boleh juga.

Bon appétit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline