YouTube membuka ruang ragam acara buah kreativitas manusia. Sejumlah pesohor memilih jalan lain di luar media konvensional yang selama ini menjadi tempat mereka mengaktualisasikan dirinya. Sebuah tempat yang kerap memberi batasan, sensor, bahkan tidak jarang terkena filtrasi dari kekuasaan.
Kini muncul genre talkshow yang dihadirkan oleh nama-nama terkenal. Jelas membuat kesan konten YouTube yang sarat prank dan receh berubah bobot. Kendati begitu, kanal-kanal talkshow ini tetaplah "menghibur".
Content creator tidak pula didominasi anak-anak muda milenial atau generasi Z. Yang "tua" pun disuka. Sebab, pada YouTube pun ada segmentasi penonton yang memasukkan generasi X atau baby boomers menjadi bagian dari penikmat.
Sulit rasanya di media tradisional mengundang sosok pebisnis kontroversial, Mardigu Wowiek Prasyanto. Tetapi di YouTube, pria yang kerap dijuluki sontoloyo ini malah mendongkrak episode sejumlah kanal. Dan, pecah!
Soal talkshow atau ngobrol-ngobrol tidak harus mendatangkan pesohor demi menaikkan jumlah penonton sekaligus subscriber. Helmy Yahya umpamanya bebas saja mengundang Tagor Siagian, seorang fotografer senior menjadi tamunya. Yang, tentulah mustahil terpikirkan oleh para produser acara talkshow televisi biasa.
Untuk menghormati gagasan dan mengenang capaian genre talkshow di YouTube, berikut lima kanal paling populer. Setidaknya sampai awal Januari 2021. Dan, kanal-kanal ini bukan mirroring dari acara televisi umumnya.
CLOSE THE DOOR CORBUZIER PODCAST
Pemilik: Deddy Corbuzier
YouTube Play Buttons: Diamond
Nyaris menembus angka 13 juta subscriber, acara bincang-bincang ini memastikan sang pemilik sebagai pewawancara andal. Pertanyaan yang disodorkan kerap membuat pusing kepala sang bintang tamu. Bahkan tak jarang membuka lebih dalam sosok tamunya. Blak-blakan dan itulah yan disukai oleh pemirsanya.
Close The Door sukses membuka mata format talkshow yang lebih intens dan in depth. Tim kanal ini juga tangkas dan cepat menyergap para pesohor yang sedang menjadi buah bibir duduk di hadapan Deddy Corbuzier. Sehingga membuat news value setiap episode relevan dengan apa yang tengah dibicarakan masyarakat.