Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang penerapan Teknik tes dalam evaluasi pembelajaran anak usia dini yang berada di suatu daerah di sidoarjo. Pada umumnya evaluasi ini digunakan untuk seseorang menilai atau menyimpulkan aspek -- aspek perkembangan yang ada pada seseorang yang dituju. Dan saya melakukan wawancara pada salah satu pendidik di TK Plus Al Afkar.
Tujuan dari wawancara ini adalah untuk mengetahui bagaimana Teknik penilaian atau yang sering disebut evaluasi dalam pembelajaran yang mereka terapkan untuk bisa mendapat kesimpulan dan hasil dari berbagai aspek -- aspek perkembangan, yang tentunya juga bermanfaat untuk saya sendiri karena menambah pengetahuan saya tentang penerapan Teknik evaluasi pembelajaran anak usia dini. Dan dari sekian banyak pendidik dan sekolah di Indonesia pasti beberapa sekolah mempunyai ketentuan sendiri dalam mengevaluasi anak didik mereka. Dan saya menemukan seorang pendidik dari TK Plus Al Afkar ini yang menggunakan evaluasi pembelajaran dengan Teknik tes. Mengapa demikian ? disaat banyaknya Teknik yang bisa digunakan oleh mereka untuk mengevaluasi anak didiknya, mengapa mereka menggunakan Teknik tes dalam evaluasi pembelajaran dalam kelas tersebut ? mari kita simak penjelasannya ;
- Penerapan Teknik Tes dalam evaluasi pembelajaran anak usia dini
Mengapa harus dilakukannya evaluasi pembelajaran untuk siswa siawi ?
Yaitu agar kita mengetahui tingkat pencapaian dari perkembangan pembelajaran yang telah diikuti anak tersebut. Teknik evaluasi pembelajaran ada 2 macam, yaitu Teknik tes dan Teknik non tes. Dan di TK Plus Al Afkar ini menggunakan Teknik tes dalam mengevaluasi anak didiknya, mengapa ? agar lebih mudah menilai kemampuan siswa siwi, dengan menggunakan Teknik tes, pendidik di TK plus Al Afkar dapat mengukur tingkat kemampuan setiap siswa apakah siswa tersebut sudah memahami atau belum dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru, biasanya guru di TK plus Al Afkar akan melakukan tes akhir atau mengulas kembali materi pembelajaran pada saat akan mengakhiri pembelajaran atau sebelum pulang guru akan bertanya kepada siswa siswi tentang materi yang telah dipelajari pada hari itu, dan guru disana juga menerapkan tes berbentuk Ujian Akhir Semester (UAS) di TK plus Al Afkar. Tes ini dilakukan agar para guru dapat mengetahui dan menentukan peringkat atau pencapaian siswa siswi di TK plus Al Afkar.
Itulah ulasan tentang alasan para guru di TK plus Al afkar menggunakan Teknik tes ini untuk mengevaluasi para siswa siswi mereka, dan adapula alasan mengapa mereka tidak menggunakan Teknik non tes pada evaluasi pembelajaran tersebut dan hanya menggunakan Teknik tes untuk mengetahui pencapaian pada siswa siswi, sebagai berikut ;
- Alasan mengapa tidak menerapkan evaluasi pembelajaran dengan Teknik non tes
Seperti yang kita tau bahwa ada banyak ragam jenis Teknik non tes dalam evaluasi pembelajaran, lalu mengapa para guru di TK plus Al Afkar hanya menggunakan Teknik tes dalam mengevaluasi siswa siswi mereka ?
Karena Teknik non tes tidak dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, Ketika menggunakan Teknik non tes guru harus mengamati dan menilai satu persatu murid secara langsung setiap harinya, untuk mengamati perubahan, peristiwa maupun perkembangan apa saja yang anak alami Ketika proses pembelajaran dimulai sampai selesai, seperti itu jawaban dari salah seorang guru di TK plus Al Afkar.
Jadi bisa kita simpulkan disini mengapa mereka menggunakan Teknik tes dalam evaluasi pembelajaran anak usia dini karena menurut guru TK plus Al Afkar akan lebih mudah dan efisien waktu jika menggunakan Teknik tes dibandingkan Teknik non tes tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H