Lihat ke Halaman Asli

Identitas Bangsa Yang Hilang

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Salah satu persyaratan mutlak yang harus dimiliki oleh sebuah Negara adalah rakyat dan wilayah yang diakui. Konsep dasar wilayah Negara kepulauantelah diletakkan melalui Deklarasi Djuanda 13 desember 1957. Laut Nusantara bukan lagi sebagai pemisah, akan tetapi sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang disikapi sebagai wilayah kedaulatan mutlak Negara kesatuan republik Indonesia. Ada bangsa yang mempunyai cara bagaimana ia memandang tanah airnya beserta lingkungannya.Sebagai contoh Inggris dengan pandangan nasionalnya “ Brittain rules the waves ” ini berarti tanah inggris bukan hanya sebatas pulau nya tetapi juga lautnya. Tetapi cukup banyak Negara yang tidak mempunyai wawasan , seperti Thailand, Myanmar, Perancis dan lain sebagainya.

Indonesia wawasan nasionalnya adalah wawasan nusantara. Falsafah pancasila dan UUD 1945 adalah wadah NKRI,kelengkapan dan keutuhan pelaksanaan wasantara akan terwujud dalam terselenggaranya ketahanan nasional Indonesia yang senatiasa harus ditingkatkan sesuai dengan tuntutan zaman. Ketahanan nasional itu akan dapat meningkat jika ada pembangunan yang meningkat dalam koridor nusantara.Menurut saya, mayarakat Indonesia masih ada yang belum mengenali bangsanya sendiri, karena terlalu asyik mengenali dan memahami bangsa lain . Semisal kebudayaan pop dari jepang dan korea yang melanda hampir semua kalangan, membuat lupa dengan kebudayaan Indonesia sendiri. Bukan hanya pada hobi maupun kebiasaan sehari- hari dalam berbusana yang menggunakan pakaian yang bukan mencerminkan identitas bangsa indonesia. Bahasa Indonesia yang mulai punah di ganti dengan bahsa Inggris yang bagi mereka lebih keren. Jika ditanya tentang rumah adat, tarian, pakaian, alat music, dll yang ada Indonesia mereka tidak tahu.

Melalui pendidikan kewarganegaraan yang merupakanpelajaran memantapkan wawasan dan semangat kebangsaan , menumbuhkan rasa cinta tanah air, demokrasi, kesadaran hokum,penghargaan atas keragaman dan partisipasi membangun bangsa berdasarkan pancasila guna terwujudnya warga Negara yang sadar akan hak dan kewajiban, dalam membangun bangsa yang cerdas, terampil dan berkarakter. Dengan adanya wawasan nusantara kita dapat mempererat rasa persatuan diantara penduduk indonesia yang bhineka tunggal ika.

Referensi : http://id.wikipedia.org




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline