Salah satu metode pembelajaran yang dikembangkan dalam Pembelajaran adalah Metode Jigsaw.
Pengertian Metode Jigsaw : "Metode atau tipe Jigsaw merupakan metode belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen. Siswa bekerja sama saling ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri.
Dalam Praktek Pembelajaran yang Penulis lakukan adalah menggunakan metode ini untuk beberapa materi di kelas 9 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Di SMP Al Hasra Jumlah siswa dalam satu Kelas sebanyak 26 Orang. Mereka di bagi ke dalam 5 Kelompok . Setiap Kelompok terdiri dari 5 Orang . dan satu orang membantu Penulis untuk kelancaran diskusi.
Penggunaan metode ini ternyata cukup menarik dan memotivasi peserta didik untuk belajar.
Manfaat yang penulis rasakan sebagai Guru :
- Memudahkan pengkondisian kesiapan peserta didik untuk belajar.
- Membangun motivasi kepada peserta didik karena masing masing peserta didik diberi peran dan tanggung jawab.
- Mempermudah membangun komunikasi antar peserta didik dalam suasana formal
- Mengaktifkan literasi peserta didik dengan membaca dan menyampaikan materi kepada teman temannya ketika diskusi.
Manfaat untuk Peserta Didik :
- Menghilangkan sekat sekat hubungan yang selama ini Mereka bangun bedasarkan pertemanan terbatas.
- Dapat berbagi pengetahuan kepada teman temannya sesuai dengan tugas materi yang ditetapkan oleh pengajar.
- Terbangunnya komunikasi formal dengan teman temanya dalam forum diskusi