Lihat ke Halaman Asli

Andi Samsu Rijal

Peneliti Bahasa dan Budaya

Temu Influencer: Kolaborasi Kominfo dan Otoritas IKN dalam Wujudkan Visi Smart City

Diperbarui: 7 Desember 2023   22:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

temu influencer; dokumentasi penulis

Sebuah even temu influencer yang diselenggarakan di kota Makassar oleh Kominfo dan otoritas IKN sukses menggaet warga kota Makassar untuk segera melihat IKN baik virtual maupun secara langsung. Even tersebut bertujuan untuk mewujudkan visi Smart City IKN yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. Hadir influencer Wawan Puji Siswanto (WPS) selaku narasumber yang mewakili content creator dunia kontruksi Indonesia, memperlihatkan karya video digital progres pembangunan IKN yang megah dan tertata rapi layaknya kota dunia. 

Even temu influencer yang berlangsung di hotel The Rinra Makassar, 6 Desember 2023 dihadiri oleh kalangan akademisi Makassar, influencer dan dari media lokal dan nasional. Kegiatan yang berlangsung hybrid offline dan online tersebut terselenggara dengan baik. Dari beberapa sesi, baik presentasi maupun diskusi membuat peserta semakin antusias dan menantikan IKN menjadi real smart city yang high tech dan high touch.

Memang IKN adalah konsep kota dunia kata Wawan yang biasa disapa WPS ini. Tak hanya berkonsep kota dunia, tetapi IKN yang saat ini dibangun akan menjadi identitas negara Republik Indonesia dengan hadirnya istana negara di tengah hutan, atau forestry city. Di sana bisa saja kita menemui hewan liar yang tiba-tiba menyeberang kata pa Achmad Jaka Santos selaku sekertaris IKN disela pemaparan misi IKN yang berkonsep SDGS, pemajuan ekonomi, dan identitas Indonesia sebagai negara kepulauan.

Olehnya itu pembangunan IKN menuju kota dunia atau kota maju tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Baik itu masyarakat umum, influencer, pemerintah khususnya serta generasi milenial dan generasi Z yang akan menikmati lebih lama IKN nantinya di tahun 2045.

Dalam even tersebut, Kominfo RI dan Kominfo kota Makassar mengajak para influencer di kota Makassar untuk turut andil dalam menyebarluaskan informasi positif khususnya isu IKN. Dengan penyebarluasan info menarik terkait IKN akan berdampak positif terhadap pembangunan IKN dan pembangunan masyarakat secara umum. Sebaliknya dengan penyebarluasan info negatif atau berita hoax dari sumber yang tidak terpercaya akan semakin memperburuk keadaan, kata Ibu Septriana Tangkaru selalu perwakilan Kominfo RI JAKARTA. 

Even seperti ini menjadi tanggung jawab pemerintah terkait untuk mengajak lapisan masyarakat khususnya masyarakat akademik dimana mereka sedang bergelut dengan diberbagai dialektika baik itu politik, sosial budaya, ekonomi, dan sebagainya. Dalam dialektika tersebut mereka diperhadapkan berbagai kondisi sehingga dituntut untuk berfikir kritis dan memberi sumbangsih yang konstruktif atau kritis jika itu diperlukan sebagai agen kontrol pemerintah.

Influencer yang saat ini bergelut dengan IT sangat mudah untuk menyebarkan informasi, jika itu positif maka seketika itu berkontribusi ke masyarakat dan pemerintah. Sebaliknya jika itu buruk maka akan mempengaruhi psikologis masyarakat. Ditambah lagi peran media untuk netral dalam memberikan informasi, akurat dan terpercaya.

Kini IKN di depan mata, siapa pun presiden terpilih akan memulai pemerintahan baru di sana. Masyarakat tidak boleh terpecah atas adu domba, atas black campaign, serta money politics. Sebab para elit politik yang bertaruh akan menggunakan segala kapasitas,, ki, masyarakat bawah tidak boleh ikut arus.

IKN adalah milik kita bersama, sudah bukan lagi sentralisme kelompok tertentu,tetapi siap yang mengambil peran baik maka dia yang akan menempati posisi strategis untuk kehidupan di masa yang akan datang. Sebut warga kota Makassar, jika IKN sudah beroperasi maka mereka yang akan didatangi oleh mitra bisnis atau sebagai jembatan menuju IKN atau dari IKN untuk Indonesia timur.

IKN adalah milik kita bersama, IKN untuk generasi kita. Semua lapisan masyarakat sudah waktunya untuk melihat mimpi kota dunia yakni IKN.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline