Lihat ke Halaman Asli

Andi Samsu Rijal

Peneliti Bahasa dan Budaya

Berburu Ikan Segar di Pelelangan Ikan

Diperbarui: 9 April 2023   18:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi pelelangan ikan, sumber foto: KKP News

Daging ikan mengandung protein tinggi dan vitamin untuk kesehatan tubuh. Demikian manfaat daging ikan buat anak-anak sangat berguna untuk memantu pertumbuhan fisik anak dan juga untuk pertumbuhan otak anak. Sehingga sangat baik untuk mengkonsumsi ikan secara rutin. 

Terlebih di bulan suci ramadan, kita membutuhkan asupan  gizi yang baik. Dengan melihat manfaat konsumsi ikan tentu kita harus cerdas memilih ikan segar untuk menjaga kelezatan serta higienis ikan tersebut. 

Ada beberapa alternatif dalam memilih ikan segar antara lain dengan melihat mata yang masih segar serta kondisi daging ikan yang tidak terlalu lembek. Untuk mendapatkan ikan segar dapat dengan belanja di pasar tradisional atau di perkotaan dapat kita jumpai di pasar moderen yang sudah difilet atau dibekukan. 

Hampir setiap ramadan, pasar-pasar sangat ramai menjual ikan segar. Demikian halnya di pelelalangan ikan yang terbilang sekali pindah dari nelayan tentu sangat segar. Sehingga semakin segar ikan tersebut maka semakin lezat pula dan sangat higienis untuk dikonsumsi. 

Ikan-ikan di pelelangan selain tersedia berbagai jenis ikan laut juga para pembeli dapat mendapatkan harga yang lebih murah dibanding dengan pedagang eceran. Namun tentu untuk mengakses pelelangan ikan tidak semudah yang kita bayangkan. 

Sebab setiap hari akan selalu ramai oleh pembeli terutama para pedagang ikan eceran. Sehingga pembeli umum yang akan mengakses dapat dilakukan di awal pagi atau di hari minggu sehingga kita terlalu terburu-buru untuk masuk kerja dan sebagainya. Beberapa pelelangan ikan biasanya sudah terbuka sejak dini hari, sehingga setelah sahur kita bisa bersiap-siap. 

Meski pelelangan ikan terbuka sepanjang hari, alangkah baiknya untuk mendapatkan ikan laut yang segar dapat berkunjung di waktu pagi di banding sore hari. Hanya saja jika berkunjung ke pelelangan ikan bahwa rata-rata ikan tidak dijual per-ekor melainkan dijual dalam bentuk partai, sehingga calon pembeli perlu menyiapkan uang minimal seratus ribuan satu kali belanja. 

Namun dengan uang seratus ribuan tersebut kita sudah bisa mendapatkan ikan segar dengan jumlah yang banyak dibandingkan dengan belanja per ekor melalui pedagang eceran.

Ikan-ikan di pelelangan biasanya berasal langsung dari nelayan yang diangkut langsung melalui pelabuhan kecil. Bahkan jika beruntung beberapa jenis ikan laut yang kita inginkan dapat kita jangkau, begitu juga beberapa binatang laut lainnya seperti kerang-kerangan dan rumput laut segar. Ikan-ikan atau berbagai belanjaan kita dari pelelangan karena jumlahnya banyak tidak bisa sekali makan maka dapat kita simpan di freezer setelah ikan tersebut dibersihkan. 

Dengan berkunjung ke pelelangan ikan sesekali seminggu misalnya, kita mendapatkan berbagai kemudahan serta mendapatkan harga ikan yang lebi murah bahkan lebih segar. Dengan mengetahui harga ikan maka kita bisa lebih merencanakan keuangan dan kebutuhan makan ikan dalam keluarga dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline