Lihat ke Halaman Asli

Andi Rahmanto

Abdi Negara

Ayo Puasa Arafah

Diperbarui: 22 September 2015   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Wukuf di Arafah (sumber foto: http://jamiat.org.za)"][/caption]

Salah satu ibadah yang dianjurkan pada bulan Dzulhijah adalah puasa arafah. Puasa Arafah dilakukan pada 9 Dzulhijah atau satu hari sebelum pelaksanaan Idul Adha. 

Puasa Arafah memiliki keutamaan dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan dosa setahun yang akan datang. Sebagaimana dalam hadits, "Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

Tentu dosa yang dihapuskan tersebut adalah dosa-dosa kecil. Sedangkan dosa-dosa besar tidak dapat terhapus, kecuali dengan taubat.

Memang ada perbedaan antara versi pemerintah dengan Muhammadiyah untuk penentuan Idul Adha tahun 2015 ini. Jika menurut versi pemerintah, Idul Adha bertepatan dengan tanggal 24 September. Sedangkan versi Muhammadiyah, Idul Adha bertepatan dengan 23 September. Jika mengikuti pemerintah, maka 9 Dzulhijah tepat pada tanggal 23 September.

Bagi yang tidak sedang beraktivitas berat yang menguras tenaga banyak, rasanya tidak salah untuk menyempatkan berpuasa Arafah pada 9 Dzulhijah nanti. Selain keutamaan menghapus dosa, puasa juga memang baik untuk menjaga kesehatan lahir dan batin. 

 

Sekian dulu ngomel-ngomelnya. Salam.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline