Terlahir sebagai seorang generasi Z, aku memang cukup akrab dengan berbagau teknologi. Kami anak-anak muda tentu sudah biasa seharian di media sosial, atau mungkin bermain game online sepertiku. Jika kreatif, banyak di antara kami yang menjadi content creator.
Bagi pribadi lulusan SMK terutama teknik bodi otomotif yang canggung berbincang di depan umum, content creator mungkin bukan profesi yang kupilih. Berbeda dengan kakak perempuanku yang memang pernah menjadi jurnalis entertainment, sehingga menulis adalah jalan ninjanya.
Lebih lagi jika harus cuap-cuap sebagai vlogger atau influencer, membayangkan saja aku jadi merinding.
Namun aku tidak boleh menutup diri dengan fakta bahwa content creator merupakan salah satu profesi meyakinkan saat ini, hingga di masa depan. Kalian tentu tahu bukan, ada banyak anak-anak sesusiaku (aku kelahiran tahun 2001) yang meraup banyak cuan sebagai sosok populer di internet dan berpengaruh.
Tertarik menjadi seorang pembuat konten? Jika kalian ingin menyasari gen Z, berikut beberapa ide jenis konten yang bisa dibuat:
1. Budaya Pop
Ada banyak hal yang masuk dalam budaya pop. Mulai dari film-film blockbuster, lagu yang populer di Spotify atau TikTok, komik-komik terkenal hingga game yang paling ngehits.
2. Gaya Hidup
Gen Z tidak lepas dengan gaya hidup healing yang membuat konten jenis traveling atau kuliner sangat ramai di Instagram maupun YouTube. Seputar gaya hidup juga bisa mengenai cara diet yang sehat sampai pengaturan finansial dalam hal investasi. Bahkan untuk urusan hobi hingga koleksi sepati branded juga dibutuhkan.
3. Sosok Terkenal
Sebagai generasi yang hidup dalam media sosial, sosok terkenal sangatlah dikagumi anak-anak Z. Bisa dia seorang selebgram, selebtwit, tukan bikin thread di Twitter, stand up comedian hingga idol K-Pop.
4. Otomotif
Kendati gen Z masihlah berusia muda (yang tertua saat ini berumur 26 tahun, pemahaman mereka akan otomotif cukup tinggi. Entah kendaraan bermotor keluaran masa kini, sampai berbagai aksesoris untuk modifikasi motor.