Lihat ke Halaman Asli

Andini Septia

Mahasiswa

Jenis-jenis Naskah Drama

Diperbarui: 19 Desember 2022   07:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pengertian naskah menurut Sendarasik adalah bahan dasar di dalam sebuah pementasan. Oleh karena itu, sebuah naskah drama belum menjadi sempurna apabila belum dipentaskan. Naskah drama adalah ungkapan dari pernyataan penulis. Dapat disebut playwright yang mempunyai isi tentang nilai pengalaman umum. Nilai yang ada di dalam naskah drama akan menjelaskan mengenai pernyataan yang ini dikatakan oleh si penulis kepada mereka yang menonton.

Sedangkan untuk naskah drama sendiri ada beberapa jenis diantaranya :  

1. Tragedi

Tragedi adalah jenis naskah drama tragis adalah naskah drama yang menceritakan kisah yang penuh dengan kesedihan. Sepanjang cerita, Anda akan melihat tokoh atau aktor utama menderita. Biasanya karakter ini mengalami kematian.

2. komedi

Komedi adalah salah satu jenis naskah drama. Naskah drama ini menunjukkan suasana hati yang gembira. Biasanya naskah drama ini berisi lelucon. Naskah drama Janis merupakan salah satu naskah drama yang paling banyak diminati. Pasalnya, akan membuat para pembaca tertawa karena cerita humor film ini. Namun, naskah sketsa tidak seperti pertunjukan komedi biasa. Masih mengandung aturan dan unsur drama secara umum.

3. Opera

Jenis naskah drama selanjutnya adalah opera. Opera adalah naskah drama yang diiringi musik. Lagu yang dimainkan oleh satu karakter berbeda dengan lagu yang dimainkan oleh karakter lain. Format naskah ini lebih banyak tentang musik dan lagu saat dibawakan nanti. Pada saat yang sama, karakter yang terlibat hanya berfungsi untuk menggambarkan suasana cerita.

4. Melodrama  

Melodrama adalah jenis naskah drama yang dialognya diiringi oleh iringan musik atau melodi. Naskah drama jenis ini berasal dari drama opera. Kemudian berkembang menjadi aliran yang berdiri sendiri. Alat musik mengiringi aliran melodrama ini. Jadi saat naskah drama ini dimainkan, para karakter biasanya ikut bernyanyi. Jika perlu, ada juga yang menari mengikuti alunan musik.  

5. Lelucon

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline