Teori Perkembangan Sosial dan Kognitif menurut Lev Vygotsky dan Jean Piaget
Teori perkembangan sosial dan kognitif menurut Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua perspektif yang sangat berpengaruh dalam psikologi pendidikan dan pengembangan anak. Meskipun keduanya fokus pada perkembangan kognitif dan sosial anak, mereka memiliki pendekatan dan penekanan yang berbeda. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing teori dan perbedaan utama antara keduanya.
1. Teori Perkembangan Kognitif menurut Jean Piaget
Jean Piaget (1896-1980) adalah seorang psikolog Swiss yang dikenal dengan teori perkembangan kognitifnya yang berfokus pada bagaimana anak-anak membangun pemahaman mereka tentang dunia seiring bertambahnya usia. Piaget berpendapat bahwa perkembangan kognitif anak terjadi melalui serangkaian tahap yang universal dan berurutan.
Tahap Perkembangan Kognitif Piaget:
1. Tahap Sensori-Motor (0-2 tahun):
Pada tahap ini, anak-anak mengembangkan pemahaman tentang dunia melalui interaksi sensorik dan motorik mereka.
Anak-anak mulai mengembangkan konsep objek tetap, yang berarti mereka mulai menyadari bahwa benda-benda tetap ada meskipun tidak terlihat.
Perkembangan mental pada tahap ini melibatkan penyesuaian antara perilaku dan pengalaman mereka dengan lingkungan fisik.
2. Tahap Praoperasional (2-7 tahun):
Anak-anak mulai menggunakan bahasa untuk menggambarkan dunia, tetapi mereka masih belum dapat melakukan pemikiran logis yang sistematis.