Lihat ke Halaman Asli

Antasari

Freelancer

Mendidik Anak Menjadi Entrepreneur Sejak Dini? Tentu Bisa!

Diperbarui: 2 September 2023   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Anak-anak zaman sekarang bisa dibilang lebih maju secara ilmu pengetahuan dibanding Ketika zaman orang tuanya terdahulu, karena anak zaman sekarang dididik dengan keterbukaan informasi yang luar biasa tak terbatas sehingga para orang tua dan guru memiliki ilmu yang cukup lebih baik untuk mendidik anak kita.

Salah satu yang diajarkan oleh para pendidik saat ini kepada anak-anak kita adalah dengan cara menjadi entrepreneur sejak usia dini.

Di sekolah-sekolah sudah banyak sekali praktik melatih anak-anak untuk mendiri, berani, talkactive, dan kreatif dengan cara mengadakan acara student market. Student market sendiri biasanya berkonsep seperti bazaar di mana di situ anak-anak akan menjual barang dagangannya untuk mendapatkan keuntungan. Barang yang di jual biasanya sudah disepakati Bersama untuk jenis dan kisaran harganya, yang sudah disesuaikan dengan pasar anak-anak.

Jika sekolah sudah memberikan ilmu tersebut kea nak-anak kita, maka ada baiknya kita sebagai orangtua juga ikut menyemangati anak untuk terus berkarya dan berkreasi sehingga anak-anak kita akan mengerti value mereka sebagai anak muda juga patut diperhitungkan. Dengan demikian hal ini juga akan bisa membuka mindset anak kita terhadap bisnis, kemampuan berkomunikasi dan memasarkan produknya, penguasaan product knowledge, dan kekreativitasan anak-anak dalam melihat peluang.

Dalam artikel ini akan ada beberapa ulasan tentang bisnis skala kecil yang bisa dimulai oleh para anak-anak muda usia sekolah sebagai pekerjaan sampingan untuk sekedar menambah uang jajan sambil belajar tentang dunia seorang entrepreneur, yang ulasannya terinspirasi oleh artikel di laman uangonline.

Menjual Kue Dan Snack

Menjual kue dan snack adalah pilihan paling sederhana dan mudah karena pasarnya anak sekolahan yang memang biasanya  masih dalam usia gemar membeli kue dan snack dan mengeksplorasi berbagai macam rasa. Anak-anak bisa coba membuat kue-kue sederhana seperti brownies, cookies, atau cupcakes dan mulai menjualnya di sekolah. Dengan melibatkan proses pembuatan tersebut dari awal akan membantu anak belajar soal bahan baku dan margin keuntungan juga, selain juga belajar menguasai product knowledge dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dalam memasarkan produknya.

Membuka Jasa Pengetikan Dan Design

Saat ini sudah lazim nampaknya untuk menggunakan laptop atau computer dalam pengerjaan tugas-tugas sekolah. Dengan kondisi itu, anak bisa mengambil peluang untuk membuka jasa pengetikan tugas ke teman-teman sekolahnya. Atau jika anak anda juga memiliki ketrampilan desain grafis sederhana maka bisa juga mencoba menawarkan jasanya ke teman dan guru sekolah untuk pembuatan poster acara sekolah.

Menyediakan Jasa Pengemasan Kado

Jika anak anda cukup terampil dan rapih dalam mengerjakan sesuatu, anak anda bisa membuka jasa pengemasan kado, karena tidak semua orang terampil dala pengemasan kado dan bahkan beberapa orang juga merasa kesulitan menemukan cara pengemasan yang baik dan unik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline