Lihat ke Halaman Asli

Sedekah Berkah

Diperbarui: 19 Maret 2024   07:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

                                                                                                Sedekah Berkah

Sedekah merupakah sunnah atau dianjurkan, apabila dilakukan akan mendapatkan pahala dan kebaikan. Apabila ditinggalkan juga tidak mendatangkan dosa.namun sedekah dapat berubah  hukumnya wajib jika seorang muslim telah mampu dan berkecukupan berjumpa dengan orang lain yang kekurangan, begitupun membantu seseorang naik kendaraannya, membimbingnya, dan mengangkat barang bawaannya adalah sedekah,: berkata yang baik juga termasuk sedekah begitu pula langkah- langkah berjalan untuk menunaikan sholat adalah sedekah, serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan yang sedekah.

Adapun keutamaan dan keajaiban sedekah

1.Pasti di ganti dan dibalas oleh Allah

Ketika kita bersedekah pasti akan diganti oleh Allah dan dibalas oleh Allah swt.dengan kelipatan dua kali lipat Allah akan mengganti sedekah itu segera kedunia dan Allah akan memberi balasan dan ganjaran kelak di akhirat kelak.

2.Tidak mengurangi harta

Orang yang bersedekah itu tidak bakalan mengurangi harta malah jadi lebih banyak karna keberkahan dari harta yang kita sedekahkan, jadi jangan takut mengurangi harta dan jangan takut miskin gara-gara sedekah. Sedekah itu tidak mengurangi harta.

3. Menjadi obat bagi orang yang sakit

Sedekah  dapat mengobati orang yang sakit, perlu dipahami secara utuh bahwa sakit adalah bagian dari takdir Allah.Kewajiban pertama saat sakit adalah menerima sabar takdir allah. Pada saat yang sama melakukan ikhtiar untuk mencapai kesembuhan. Dan diantara itu adalah dengan sedekah.

4.Menjadi naungan di akhirat

Sedekah akan menjadi naungan pada yaumul mahsyar kelak. Disaat semua orang kepanasan karena meliputi matahari hingga banyak yang tenggelam dengan keringatnya sendiri, orang yang bersedekah akan mendapat perlindungan dari sedekahnya. Apalagi jika sedekahnya dengan secara sembunyi- sembunyi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline