Teori belajar sosial Albert bandura
Teori belajar sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura menekankan pentingnya pengamatan dan peniruan dalam proses pembelajaran. Teori ini sering disebut sebagai "teori pembelajaran sosial" atau "teori pembelajaran observasional." Berikut adalah beberapa konsep kunci dari teori ini:
Modeling (Peniruan): Bandura berpendapat bahwa individu dapat belajar tidak hanya melalui pengalaman langsung, tetapi juga dengan mengamati perilaku orang lain (model) dan konsekuensi dari perilaku tersebut. Jika seseorang melihat model mendapatkan penghargaan atas perilakunya, mereka lebih cenderung untuk meniru perilaku tersebut.
Penguatan dan Hukuman: Dalam konteks pembelajaran sosial, penguatan (reinforcement) dan hukuman (punishment) memainkan peran penting. Jika perilaku yang diamati diikuti oleh penguatan, kemungkinan perilaku tersebut akan ditiru meningkat. Sebaliknya, jika perilaku diikuti oleh hukuman, kemungkinan perilaku tersebut akan ditiru menurun.
Self-efficacy (Kepercayaan Diri): Bandura juga memperkenalkan konsep self-efficacy, yaitu keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk melakukan tindakan tertentu. Kepercayaan diri ini mempengaruhi seberapa besar usaha yang akan dikeluarkan seseorang dalam menghadapi tantangan dan seberapa besar ketahanan mereka terhadap kegagalan.
Proses Kognitif: Teori ini menekankan bahwa proses kognitif, seperti perhatian, ingatan, dan pemrosesan informasi, sangat penting dalam pembelajaran. Individu tidak hanya meniru perilaku, tetapi juga memproses informasi yang mereka amati dan membuat keputusan berdasarkan pemahaman mereka.
Lingkungan Sosial: Bandura menekankan bahwa lingkungan sosial dan konteks budaya juga mempengaruhi pembelajaran. Interaksi sosial dan norma-norma budaya dapat membentuk perilaku individu.
Teori belajar sosial Bandura telah memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, psikologi, dan pengembangan perilaku. Teori ini membantu menjelaskan bagaimana individu belajar dari lingkungan mereka dan bagaimana perilaku dapat dipengaruhi oleh faktor sosial.
Teori belajar sosial Albert Bandura menekankan bahwa individu belajar melalui pengamatan dan peniruan perilaku orang lain (model). Konsep kunci dalam teori ini meliputi:
Modeling: Belajar dengan mengamati dan meniru perilaku orang lain.
Penguatan dan Hukuman: Perilaku yang diikuti oleh penguatan cenderung ditiru, sedangkan yang diikuti oleh hukuman cenderung dihindari.