Lihat ke Halaman Asli

ANDINI DEVI RIZKIYAH

MAHASISWA UNUSA 2020 PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT

Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik

Diperbarui: 24 November 2020   13:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Kalian  pasti sudah tau dong kalau  bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi negara kita Republik Indonesia dan merupakan bahasa Persatuan Bangsa Indonesia. Kita sebagai warga negara Indonesia harus bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Bahasa Indonesia juga sering dikaitkan dengan bahasa baku yang biasanya digunakan dalam situasi formal. Yang dimaksud bahasa baku adalah bahasa pokok yang menjadi bahasa standar dan acuan yang digunakan sehari-hari dalam kehidupan. Dengan demikian bahasa Indonesia dapat digunakan secara luas seperti diperguruan-perguruan, media massa, karya sastra, surat resmi, dan forum publik. Maka dari itu ada pendidikan bahasa Indonesia yang mengajarkan kita bagaimana memahami dan mengasah keterampilan kita dengan baik dalam berbahasa Indonesia kita juga dilatih untuk berbicara dan membaca dengan baik serta diajarkan untuk gemar membaca karena membaca adalah jendela ilmu.

Adapun ciri-ciri bahasa Indonesia yang baku seperti menggunaan kaidah tata bahasa yang normatif seperti pola kalimat yang baku, menggunakan kata yang baku, menggunakan kalimat yang efektif seperti adanya unsur-unsur penting yang harus dimiliki setiap kalimat contohnya (subjek, predikat, objek, dan keterangan tempat atau waktu) juga memperhatikan ejaan yang telah disempurnakan, dan bahasa baku juga harus mengikuti aturan penggunaan ejaan resmi yang disempurnakan  (EYD). Adapun fungsi dari bahasa baku yang bisa dipakai dalam situasi berikut yaitu :

  1. Komunikasi resmi tertulis contohnya surat remi, pengumuman resmi, dan peraturan perundang-undangan
  2. Pembicara formal di depan umum contohnya pidato, dan ceramah
  3. Wacana teknis tertulis contohnya pada karangan ilmiah, buku, dan laporan resmi
  4. Pembicaraan formal secara lisan contohnya bawahan  kepada atasan, dan murid kepada guru

Di dalam bahasa baku juga ada penggunaan huruf atau ejaan yang disempurnakan (EYD) ada banyak ketentuan yang harus diperhatikan seperti penggunaan hurufnya huruf abjad atau huruf kapital yang di letakkan di awal kalimat contohnya huruf kapital ada di huruf pertama pada awal kalimat, ada pada petikan langsung, ada pada nama gelar, unsur jabatan, nama orang, dan masih banyak lagi. Selain huruf abjad dan huruf kapital ada juga huruf miring yang digunakan untuk nama sumber yang dikutip seperti dari buku, kata yang ditegaskan atau yang dikhususkan, dan juga nama ilmiah atau ungkapan asing. Dari sedikit informasi di atas semoga bisa membantu dalam kegunaan bahasa Indonesia yang baik ya teman-teman. Terima kasih.

Nama : ANDINI DEVI RIZKIYAH

NIM : 2130020053

Prodi : S1 Kesehatan Masyarakat 

Kelas : B

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline